Menhub Sempat ke Istana-Bertemu Pejabat Belanda Sebelum Positif Corona


Sabtu, 14 Maret 2020 - 23:30:55 WIB
Menhub Sempat ke Istana-Bertemu Pejabat Belanda Sebelum Positif Corona Menhub Budi Karya Sumadi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dikonfirmasi sebagai pasien positif virus Corona dengan nomor kasus 76. Sebelum dinyatakan positif, Budi sempat menghadiri rapat terbatas di Istana hingga bertemu delegasi Belanda.

Dilansir dari detikcom, pada tanggal 1 Maret 2020, Budi meninjau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati. Lokasi tersebut menjadi titik penjemputan anak buah kapal (ABK) Diamond Princess yang kapalnya sempat menjadi pusat penyebaran virus Corona.

Kemudian pada hari Rabu (4/3/2020), Budi menghadiri rapat terbatas (ratas) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Ratas tersebut bersifat internal.

Selepas itu, tepatnya tanggal 10 Maret 2020, Jubir Menhub Adita Irawati memberitahu bahwa Budi Karya menderita tifus. Ini dikarenakan serangkaian kunjungan kerja Budi Karya.

"Saat ini Menteri Perhubungan, Bapak Budi Karya Sumadi, sedang beristirahat di rumah karena gejala tifus setelah beberapa waktu lalu melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar kota selama beberapa hari ke Toraja, Luwuk, Wakatobi, Makassar, Parepare, Kertajati, dan Indramayu," ujar Adita.

Sehari setelahnya, 11 Maret 2020, Budi ternyata menyambangi Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, untuk menghadiri ratas membahas permasalahan tanah di Sumatera Utara (Sumut). Budi Karya duduk di antara Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Masih di hari yang sama, Budi Karya beremu Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Negara Belanda Cora Van Nieuwenhuize untuk membahas peluang kerja sama di sektor transportasi. Keduanya sepakat untuk meningkatkan kerja sama bidang transportasi. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Pelindo II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Setelahnya Budi Karya tidak terlihat melakukan agenda yang dapat diliput. Ternyata Budi Karya dikabarkan masuk RS karena tifus dan asma. Budi Karya waktu itu belum dikonfirmasi positif virus Corona.

Barulah pada hari ini, Sabtu (14/3), Jubir Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengumumkan 27 kasus baru. Budi Karya masuk kasus ke-76 dan saat itu identitas pasien tidak disebutkan Yuri.

Pada malam harinya, Mensesneg Pratikno yang atas izin pihak keluarga menyampaikan Budi Karya positif virus Corona. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menggantikan posisi Budi Karya sebagai Menhub interim.

"Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala Rumah Sakit Gatot Soebroto tadi adalah Pak Budi Karya, Pak Menhub. Ini kami sampaikan atas izin keluarga," kata Pratikno di gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3). (h/*)
 

 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]