Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan


Ahad, 15 Maret 2020 - 00:30:14 WIB
Catat! Ini yang Terjadi Bila Lockdown karena Corona Diterapkan Ilustrasi

HUBEI, HARIANHALUAN.COM - Kota Wuhan yang diyakini sebagai pusat penyebaran virus Corona jenis baru, Covid-19 langsung mengalami lockdown atau penguncian total, beberapa hari setelah pemerintah China mendeteksi kemunculan virus ini. Setelah Wuhan, dua kota lainnya di Provinsi Hubei, Huanggang dan Ezhou juga mengalami nasib serupa. Tak lama kemudian, seluruh Provinsi Hubei dinyatakan tertutup oleh Pemerintah China.

Hampir dua bulan setelahnya, Italia, negara Eropa yang paling parah terjangkiti virus Covid-19, juga menerapkan langkah serupa. Italia bahkan menerapkan lockdown secara nasional dan berpengaruh pada semua sendi kehidupan masyarakat.

Teraktual, Presiden Filipina Rodrigo Duterte menerapkan lockdown di ibukota Manila selama 30 hari. Langkah ini diambil Duterte setelah 52 warga negara itu dinyatakan positif Covid-19 dan 5 oran dilaporkan tewas akibat virus mematikan ini. Berikut dampak dari lockdown yang diterapkan sejumlah negara.

Sejak 23 Januari, semua angkutan umum, termasuk bus, kereta api, penerbangan, dan layanan feri di Provinsi Hubei, China ditangguhkan operasionalnya. Bandara Wuhan, stasiun kereta api Wuhan, dan metro Wuhan semuanya ditutup. Penduduk Wuhan juga tidak diizinkan meninggalkan kota tanpa izin dari pihak berwenang. Selain Wuhan, ebanyak 12 kota lainnya di Hubei, termasuk Huangshi, Jingzhou, Yichang, Xiaogan, Jingmen, Suizhou, Xianning, Qianjiang, Xiantao, Shiyan, Tianmen, dan Enshi juga mengalami pembatasan serupa.

Sementara sejumlah pejabat di Italia berharap pemerintah pusat segera menerapkan penghentian total transportasi umum di negara itu. Sejumlah pihak berpendapat, setidaknya lockdown di Italia diterapkan selama dua pekan.

Sedangkan di Manila, pemerintah tetap akan mengoperasikan transportasi massal seperti Light Rail Transit dan Metro Rail Transit. Namun, Departemen Perhubungan Filipina akan memastikan kalau langkah-langkah antisipasi pencegahan diterapkan secara maksimal di angkutan umum.

Perkantoran dan Sekolah

Di kota-kota yang berada di Provinsi Hubei, karyawan dan murid-murid sekolah diliburkan. Mereka diperintahkan tetap berada di rumah dan menghindari berada di tempat keramaian.

Sedangkan pemerintah Italia memerintahkan penutupan sekolah di seluruh negeri demi menghambat laju penyebaran virus Covid-19. Langkah serupa diambil pemerintah Filipina yang menutup semua sekolah di Manila selama 30 hari ke depan.

Pasar dan Pertokoan

Sejak menerapkan lockdown, Italia menutup semua toko. Yang masih diizinkan buka hanya toko makanan dan apotek. Italia juga menutup restoran, bar, dan salon yang banyak tersebar di seantero negeri. Pusat-pusat keramaian yang biasanya ramai oleh pengunjung, mendadak sunyi.

Sementara di Hubei, wilayah yang mengalami lockdown terlama di dunia, warganya mengaku kesulitan mendapatkan bahan-bahan pokok. Jikapun ada, harga yang diterapkan oleh toko melambung tinggi di atas harga semula. Selain itu, pasokan menjadi terhambat karena penerapan lockdown.

Tempat Wisata

Merebaknya wabah virus Corona telah menyebabkan menurun drastisnya arus wisatawan ke tempat-tempat wisata di seluruh penjuru dunia. Di Italia, yang bahkan sudah menerapkan lockdown, sejumlah tempat wisata favorit dilaporkan kosong melompong.

Padahal biasanya, tujuan wisata favorit seperti museum Vatikan, Colosseum, dan kota Venice selalu penuh dengan ribuan turis setiap harinya. Kondisi ini dipastikan menimbulkan kerugian besar bagi sektor pariwisata di Italia. (h/*)

 Sumber : sindonews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 11:01:11 WIB

    Catat! Insentif Kartu Prakerja ala Jokowi Naik Jadi Rp1 Juta

    Catat! Insentif Kartu Prakerja ala Jokowi Naik Jadi Rp1 Juta JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengerek jumlah insentif bagi penerima kartu prakerja menjadi Rp1 juta per bulan dari sebelumnya yang hanya Rp650 ribu per bulan..
  • Ahad, 17 November 2019 - 12:17:40 WIB

    Catat! Satu dari 11 Tindakan Ini Dilakukan, ASN Masuk Kategori Radikal

    Catat! Satu dari 11 Tindakan Ini Dilakukan, ASN Masuk Kategori Radikal JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Sebanyak 11 kementerian dan lembaga negara bersepakat menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Penanganan Radikalisme aparatur sipil negara (ASN) dalam rangka Penguatan Wawasan Kebangsaa.
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 14:27:07 WIB

    Catat! Ini Jadwal Lengkap Seleksi CPNS 2019

    Catat! Ini Jadwal Lengkap Seleksi CPNS 2019 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Lowongan CPNS 2019 sudah diumumkan. Sedangkan pendaftarannya dimulai pada 11 November 2019. Pelamar sudah bisa menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk pendaftaran..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM