Coffee Shop Jadi Sarana Komunikasi Bagi Milenial di Kota Padang


Ahad, 15 Maret 2020 - 10:06:00 WIB
Coffee Shop Jadi Sarana Komunikasi Bagi Milenial di Kota Padang Suasana di salah satu Coffee Shop di Kota Padang. Foto/Sari Marta

Saat ini, ada fenomena menarik yang terjadi dalam hal menikmati kopi di kedai kopi yang lebih familiar dengan sebutan coffee shop. Kopi sudah menjadi bagian dari hidup banyak orang, sudah seperti kebutuhan.

Oleh : Sari Marta

Lebih lanjut bercerita mengenai kopi, faktanya saat ini tidak hanya rasa kopi yang menjadi pertimbangan seseorang untuk bisa berlama-lama di coffee shop bahkan bisa dikunjungi hampir setiap hari. Ada hal lain yang mereka dapatkan yaitu suasananya.

Setiap pelanggan yang memasuki coffee shop tentunya akan disuguhkan aroma kopi yang khas memenuhi hampir seluruh ruangan serta suasana nyaman dengan konsep yang disusun sedemikian rupa sehingga membuat pengunjung betah untuk berlama lama, entah itu hanya menikmati kopi, bercengkrama, atau menyelesaikan sesatu yang harus diselesaikan.

Beberapa tahun belakangan, tren mengkonsumsi kopi di Indonesia sudah berkembang sangat pesat. Mengkonsumsi kopi sudah menjadi lifesytle atau gaya hidup bagi kebanyakan orang.

Hal ini tentunya dijadikan peluang bisnis bagi para pengusaha untuk membuka kedai kopi dengan menyajikan menu kopi yang khas serta mengusung konsep yang menarik sehingga membuat penikmat kopi berlomba lomba untuk datang mengunjungi kedai kopi tersebut.

Saat ini kedai-kedai kopi kekinian tumbuh menjamur dan dapat dengan mudah ditemukan di khususnya di Kota Padang.

"Kami menyajikan cita rasa kopi yang unik serta memfasilitasi tempat dan suasana yang nyaman, sehingga hal ini yang mungkin membuat pengunjung betah berlama lama di coffee shop untuk menikmati kopi sambil berdiskusi," ungkap Aulia selaku barista di salah satu coffee shop di Kota Padang.

Meningkatnya konsumsi kopi tentunya tidak terlepas dari kebiasaan masyarakat modern yang gemar berkumpul, sehingga kedai kopi tidak hanya sekedar dijadikan tempat untuk minum kopi saja, lebih dari itu, kedai kopi secara tidak langsung menjadi sarana bagi para millenials untuk berkomunikasi.

Seperti yang kita ketahui bahwa di Minang, dari dulu warung kopi sudah dijadikan sarana komunikasi, yang lebih dikenal dengan "ota lapau". Disana biasanya bapak-bapak berkumpul dan berdiskusi mengenai isu-isu yang sedang berkembang serta hal-hal aktual apa saja yang terjadi.

Uniknya saat ini, para milenial di Kota Padang, juga menjadikan kedai kopi sebagai tempat nongkrong, berkumpul dan berdiskusi. Bahkan hal ini dapat dilakukan hampir setiap hari. Hal ini tak heran terjadi karena kedai kopi menguguhkan kenyamanan bagi mereka yang datang dengan kelompok kecil hingga komunitas yang jumlahnya lebih banyak.

Di kedai kopi, para milenial biasanya membuka obrolan dengan bahasan yang ringan, hingga tak jarang juga membahas topik yang berat termasuk segala permasalahan yang ada Indonesia saat ini. Berdiskusi sambil ditemani dengan secangkir kopi merupakan kombinasi yang tepat sehingga dapat membuat seseorang menjadi rileks dan dengan mudah untuk menyampaikan pendapat, masukan serta idenya mengenai sesuatu hal.

Tidak hanya sebatas nongkrong, para kaum milenial Kota Padang juga seringkali mengunggah foto mereka di media sosial ketika sedang berada di kedai kopi favoritnya. Hal ini tentunya juga bertujuan untuk mencitrakan dirinya serta menginformasikan kepada teman-teman di media sosialnya, mengenai betapa kopi sudah menjadi lifestyle baginya dan warung kopi mana yang menjadi tempat tongkrongannya.

Sehingga teman-teman media sosialnya tak perlu lagi repot untuk menghubungi ketika ingin bertemu, tinggal datang ke kedai kopi langganannya, pasti bertemu. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa saat ini kedai kopi sudah dijadikan sarana komunikasi bagi kaum millenials di Kota Padang.

Salah satu alasan mengapa kedai kopi dijadikan tempat nongkrong favorit atau dipilih sebagai sarana komunikasi bagi kaum millenials karena fasilitas yang disuguhkan seperti wifi, banyaknya colokan, tempat duduk dan meja yang nyaman serta suasana yang menenangkan.

Dengan hanya memesan satu cangkir kopi, seseorang bahkan sekelompok orang dapat duduk dan menghabiskan waktu berlama lama di kedai kopi. Dengan adanya fasilitas yang disediakan, tentunya menjadi paket lengkap bagi kaum millenials dalam hal memenuhi kebutuhannya.

Tak dapat dipungkiri, saat ini tren kerja tanpa kantor juga membawa para millenials di Kota Padang untuk memilih coffee shop menjadi tempat untuk menyelesaikan setiap pekerjaannya, sambil berdiskusi dengan kolega atau mitra bisnis. Tak jarang banyak deal deal an yang terjadi antara pebisnis dengan client nya berkat pertemuan dan diskusi yang dilakukan di coffee shop. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM