Mendes : Dana Desa Bukan Hanya Dinikmati Elit Desa, Tapi Juga Dipinggiran


Ahad, 15 Maret 2020 - 11:22:24 WIB
Mendes : Dana Desa Bukan Hanya Dinikmati Elit Desa, Tapi Juga Dipinggiran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. Foto/Kemendes PDTT

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan kepada seluruh kepala desa terkait penyaluran dan pemanfaatan dana desa.

"Penyaluran tahun ini sudah langsung masuk ke kas desa. Kalau ada keterlambatan penyaluran itu salah satunya dikarenakan APBDesnya belum selesai. Jadi, saya himbau kepada kepala desa agar segera menyelesaikan APBDesnya agar dana desa cepat cair," katanya, dikutip dari laman resmi Kemendes PDTT, Minggu (15/3/2020).

Lebih lanjut, Gus Menteri menyampaikan sekaligus meminta kepada seluruh kepala desa agar penggunaan dana desa untuk tahap pertama yang sudah cair dapat digunakan untuk infrastruktur dengan sistem Padat Karya Tunai (PKT).

"Di dalam APBDesnya pasti ada untuk infrastruktur. Jadi, saya minta yang sudah dirancang ditengah tahun atau akhir tahun agar ditarik di awal-awal," katanya.

Menurut Gus Menteri, sistem PKT dapat memberikan daya tahan ekonomi desa, mengurangi pengangguran dan meningkatkan perekonomian desa maupun pendapatan masyarakat desa.

"Kalau yang dilibatkan dalam sistem PKT ini adalah penggangguran atau setengah pengangguran. Maka, mereka dapat pekerjaan dan peredaran uang pasti akan terjadi, konsumsi meningkat dan ini akan memberikan daya tahan ekonomi," katanya.

Di kabupaten Bener Meriah, kata Gus Menteri, sistem PKT sudah efektif dan efisien serta keterlibatan masyarakat dalam bekerja sudah muncul. Sehingga, dana desa sudaj sangat dirasakan oleh masyarakat desa.

"Target kami bagaimana dana desa itu dirasakan kehadirannya oleh sebagian besar warga desa. Bukan hanya pada elit-elit desa atau kelompok-kelompok yang dekat balai desa. Tapi, yang dipinggiran pun harus merasakan dana desa dan merasakan manfaatnya," katanya.

Dalam pertemuan ini, Turut dihadiri oleh Anggota DPR RI dapil Aceh Ruslan M Daud, Bupati Bener Meriah Tgk Sarkawi, Dirjen PDTu Kemendes PDTT Aisyah Gamawati dan Dirjen PPMD Kemendes PDTT Taufik Madjid.

Usai pertemuan, Gus Menteri menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis dari 800 transmigrasi Bener Meriah dan melanjutkan kegiatan meninjau Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) di Desa Blang Rakal. (*)

 Sumber : Kemendes PDTT /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 19:01:20 WIB

    Kemendes Minta Kades Bentuk Relawan Desa Tanggap Corona

    Kemendes Minta Kades Bentuk Relawan Desa Tanggap Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meminta kepada seluruh desa yang tersebar diseluruh Indonesia untuk membentuk desa tanggap Corona Virus Disease 2019 (Covid-19.
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 13:15:45 WIB

    Antisipasi Corona, Kemendes Izinkan Pengunaan Dana Desa

    Antisipasi Corona, Kemendes Izinkan Pengunaan Dana Desa JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Upaya mengatasi pandemi virus corona Covid-19 yang terjadi di Indonesia mendapat dukungan bersama, bahkan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang.
  • Jumat, 28 Februari 2020 - 10:04:22 WIB

    Kemendes PDTT Perketat Penerbitan Sertifikat Lahan Transmigrasi

    Kemendes PDTT Perketat Penerbitan Sertifikat Lahan Transmigrasi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar mengatakan, pemerintah saat ini tengah serius menyelesaikan persoalan sertifikasi beberapa lahan transmigrasi ma.
  • Sabtu, 15 Februari 2020 - 04:16:46 WIB

    Cair 40 Persen, Mendes PDTT Tegaskan Dana Desa Wajib untuk Padat Karya

    Cair 40 Persen, Mendes PDTT Tegaskan Dana Desa Wajib untuk Padat Karya KEDIRI, HARIANHALUAN.COM -- Dana desa tahap I tahun 2020 dicairkan sebesar 40 persen, berbeda dari penyaluran dana desa tahap I tahun lalu yang dicairkan sebesar 20 persen. Penyaluran dana desa tahap I ini telah dilakukan sej.
  • Kamis, 30 Januari 2020 - 12:39:18 WIB

    Pantau Pencairan Dana Desa, Mendes Tegaskan Penyalurannya Langsung ke Rekening Kas Desa

    Pantau Pencairan Dana Desa, Mendes Tegaskan Penyalurannya Langsung ke Rekening Kas Desa JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar melakukan monitoring sejumlah daerah terkait pencairan dana desa yang disalurkan oleh pemerintah pusat mulai Janua.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM