Resmi Diluncurkan, Pariaman Nite Festival 2020 Jadi Ajang Kreativitas Anak Muda


Ahad, 15 Maret 2020 - 12:43:19 WIB
Resmi Diluncurkan, Pariaman Nite Festival 2020 Jadi Ajang Kreativitas Anak Muda Walikota Pariaman, Genius Umar sedang memberikan sambutan sekaligus melaunching Pariaman Nite Festival 2020.

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pariaman Nite Fest 2020 resmi diluncurkan di halaman Rumah Tabuik Subarang, Kota Pariaman, Sabtu malam (14/3). Kegiatan ini berlangsung meriah.

Penampilan kesenian dari Sanggar Darak Badarak dan Minang Duo Pariaman menyita perhatian masyarakat dan undangan yang hadir malam itu.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman, Alfian saat menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan.

 

Tembang-tembang manis yang dilantunkan oleh artis Renima, dari pentas utama terasa menghibur dan menambah suasana gebyar malam itu. Pelataran Rumah Tabuik Subarang malam tersebut tampak ramai, dikunjungi masyarakat, dan undangan.

Tak hanya disuguhi atraksi seni, kehadiran ragam kuliner yang berjejer rapi teratur di tempat yang tersedia untuk pedagang oleh panitia, menambah lengkap suasana kegiatan lanching malam. Peluncuran Pariaman Nite Festival (PNF) malam itu begitu semarak, pundi-pundi rezekipun mengalir ke pedagang yang berjualan.

Lokasi Pariaman Nite Festival 2020 di pelataran Rumah Tabuik Subarang di Samping Kantor Balaikota Pariaman.

 

Peluncuran Pariaman Nite Festival langsung dilakukan oleh Walikota Pariaman, Genius Umar. Orang nomor satu di Kota Pariaman ini terlihat sangat antusias. Ada rasa bangga terlihat diraut wajahnya.

“Tempat ini, tentu menjadi tempat bagi anak-anak muda Kota Pariaman untuk menampilkan kreativitas serta menyalurkan bakat,” sebut Genius Umar.

Ketua TP-PKK Kota Pariaman turut melantunkan sebuah tembang manis pada acara launching Pariaman Nite Festival 2020, Sabtu malam (14/3).

 

Dikatakannya lagi, anak muda boleh latihan di manapun, boleh dilakukan di masing-masing desa, namun, ujung dari latihan yang dilakukan, harus bermuara ke Rumah Tabuik Subarang. “Silahkan latihan dimana saja, tapi, setiap malam minggu, harus ditampilkan di pentas utama Pelataran Rumah Tabuik Subarang ini, agar bisa disaksikan bersama, “ ucap Genius Umar memberi semangat.

Pariaman sebagai kota tujuan wisata, selalu membuat acara-acara rutin dan menarik untuk bisa menjadi tontonan bagi wisatawan. Diharapkan Pariaman terus melaju menuju daerah tujuan wisata dan akan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sejumlah pejabat di Pemko Pariaman terlihat antusias menyaksikan pembukaan PNF 2020.

 

Senada dengan itu, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman, Alfian menambahkan, kegiatan Pariaman Nite Festival 2020 ini bertujuan untuk memberi ruang gerak bagi anak muna untuk menampilkan kesenian-kesenian yang ada Kota Pariaman.

“Dengan kegiatan ini, masyarakat terutama generasi muda dapat melihat dan mengetahui kesenian dan kebidayaan yang ada di kota ini,” sebut Alfian.

Dihadiri sejumlah pejabat Pemko Pariaman.

 

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini dapat memberikan kesempatan kepada anak muda kreatif untuk tampil disini. “Namun sebelumnya tentu harus berkoordinasi dulu dengan dinas,” kata Alfian lagi.

Pada Dinas Kebudayaan juga ada ekonomi kreatif. Jadi dalam kegiatan yang digelar, bekerjsama dengan Disperindagkop dan UKM sehingga acara diramaikan pula oleh UKM.

Pedagang kuliner.

 

“Ini sekaligus jadi ajang promosi wisata dan penampilan seni budaya yang ada di Kota Pariaman melalui sanggar-sanggar yang ada sehingga kelestarianya tetap terjaga.

Artis Renima sedang melantunkan tembang-tembang manis yang memukau penonton.

 

“Kegiatan ini tentu akan berlanjut pada setiap malam minggu dengan penampilan kesenian, bazar, kuliner dan produk-produk UKM yang lebih ramai,” kata Alfian mengakhiri. (h/tri)

 

ADV DISBUDPAR KOTA PARIAMAN

Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]