Indonesia Diguncang Corona, SBY: Kongres Demokrat Dihelat Sederhana


Ahad, 15 Maret 2020 - 15:44:18 WIB
Indonesia Diguncang Corona, SBY: Kongres Demokrat Dihelat Sederhana Ketua Umum Partai Demokrat , Susilo Bambang Yudhoyono

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-- Ketua Umum Partai Demokrat (PD), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menjelaskan alasan Kongres V akhirnya digelar secara sederhana. Padahal, menurut dia, rencananya Kongres V PD akan digelar secara besar dan meriah. 

Menurut dia, alasan utamanya adalah karena virus corona atau Covid-19 yang melanda seluruh negara-negara di dunia kini telah masuk ke Indonesia.

Baca Juga : Kasus Persetubuhan Anak Marak di Kota Duri

SBY mengatakan, virus corona yang ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mempengaruhi segala lini bangsa-bangsa di dunia, terutama dalam sektor ekonomi.

Pada akhirnya, kata SBY, virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, China, itu kini telah masuk ke Indonesia. Ternyata, Indonesia pun tak kebal dengan virus mematikan tersebut.
"Negara kita, Indonesia pun tidak kebal dan mulai merasakan dampaknya," kata SBY di arena Kongres V PD di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Baca Juga : Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Tegur Sopir BST, Ini Sebabnya

Untuk itu, ungkap SBY, pihaknya pun memutuskan menggelar Kongres Demokrat dalam suasana yang penuh dengan kesederhanaan. Hal itu, menurutnya, juga untuk menjunjung tinggi semangat tenggang rasa dan empati terhadap para korban dari virus tersebut.

"Durasi waktu kongres juga kita persingkat," katanya.

Baca Juga : Eksepsi Kuasa Hukum Ditolak, Sidang Kasus Bom Molotov Dilanjutkan


Presiden ke-6 RI itu mengaku, awalnya memang berencana menggelar Kongres V PD dengan meriah dan besar-besaran. Bahkan, menurutnya, para kader dari berbagai daerah juga telah menyatakan kesiapannya untuk datang menyemarakkan kongres tersebut.

"Saya mendengar, para kader Demokrat dari seluruh Indonesia, sudah bersiap untuk menghadirinya. Mereka ingin datang ke Jakarta, untuk menyemarakkan dan menyukseskan kongres ini," ujar SBY.

Baca Juga : Tabrakan Maut Pick-Up Vs Suptra X, Heri Kuswanto Tewas di TKP

"Namun, situasi nasional bahkan internasional tidak memungkinkan untuk itu," sambungnya. (*)

 

Sumber: haluan.co (HMG)

Editor : Dodi | Sumber : Haluan.co (Haluan Media Group)
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]