Mengharukan, Begini Cara Warga Italia Bersatu Melawan Corona


Ahad, 15 Maret 2020 - 16:34:54 WIB
Mengharukan, Begini Cara Warga Italia Bersatu Melawan Corona Warga Italia bernyanyi, menari, dan saling menguatkan satu sama lain walau mereka hanya bisa melakukannya dari balkon rumahnya masing-masing - Twitter/@leonardocarella

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bila kepanikan membuat wabah Corona seakan lithani atau lagu kematian, warga Italia punya cara untuk mengubahnya, Mereka bernyanyi, membangun semangat untuk saling menguatkan.

Warga di sejumlah kota di Italia bernyanyi dari mana pun mereka berada, bahkan dari balkon rumah sekalipun.

Melawan kepanikan dan ketakutan menjadi spirit yang luar biasa. Spirit untuk hidup dan melawan cekaman wabah Corona itu menjadi catatan tersendiri bagi Direktut Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus. 

Negeri yang sedang dicekam isolasi atau lockdown itu tak membuat warganya kekurangan akal untuk saling menyemangati satu sama lain.

"Spirit kemanusiaan selalu membuat saya takjub. Di tengah krisis dunia ini, orang-orang menemukan cara untuk bersatu dalam solidaritas dan kegembiraan. Saya benar-benar tersentuh oleh orang-orang berbendera Italia, bergabung bersama dalam lagu dari balkon rumah mereka. Bangga. Ini adalah cara kita akan mematahkan #coronavirus," tulis Ghebreyesus diaku twitternya.

Apa yang disampaikan Direktur Jenderal WHO itu bukan sekadar ungkapan emosional. Sejumlah tauran twitter menunjukkan bagaimana warga Italia saling menguatkan.

"Warga Italia yang terisolasi di seluruh negeri tetap berkumpul, saling menamani satu sama lain dengan bernyanyi, berdansa dan bermain musik dalam balkon mereka. Untuk menunjukkan bagaimana mereka bertahan," tulis akun @leonardocarella, yang dalam informasinya menerangkan dirinya sebagai kandidat Doktor bidang politik dari Universitas Oxford.

Hal itu tak hanya terjadi di satu kota, tapi di banyak kota, seperti Naples, Siena, Flerence dan berbagai kota lain. Italia, negeri yang melodius, seakan memberi contoh kepada dunia bagaimana seharusnya bernyanyi dan menari saling menguatkan, agar tak panik dicekam ketakutan karena Corona. Berikut beberapa tautan bagaimana warga Italia menyiasati keadaan yang sedang mereka alami. (h/*)

 Sumber : kabar24 /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM