Asosiasi Psikologi Forensik Sumbar Lantik Pengurus Baru


Ahad, 15 Maret 2020 - 16:40:25 WIB
Asosiasi Psikologi Forensik Sumbar Lantik Pengurus Baru Pelantikan Pengurus Asosiasi Psikologi Forensik (Apsifor) wilayah Sumatera Barat (Sumbar) . (Foto YESSI)

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Asosiasi Psikologi Forensik (Apsifor) wilayah Sumatera Barat (Sumbar) baru saja melakukan pelantikan pengurus baru, bertempat di sebuah Hotel  di kota  Padang, Sabtu-Minggu (14-15/3).

Pada kesempatan tersebut, pengurus baru Apsifor Wilayah Sumbar dilantik oleh ketua Apsifor Pusat, Dra. Reni Kusumowardhani, M.Psi., Psikolog.

Berdasarkah Hasil Musyawarah wilayah Apsifor Januari lalu, Andhika Anggawira, M.Psi., Psikolog, terpilih menjadi Ketua Apsifor wilayah Sumbar periode 2020-2024, pasca selesainya masa jabatan ketua sebelumnya Yustisi Maharani Syahadat, M.Psi., Psikolog.

Selain Ketua Apsifor, terpilih juga beberapa pengurus diantaranya Dwi Sari Rizki M.Psi Psikolog sebagai sekretaris, Harry Theozard Fikri M.Psi Psikolog sebagai Bendahara, Neny Andriani M.Psi Psikolog dan Sri Wahyuni M.Psi Psikolog di Bidang Organisasi, Puji Aseh M.Psi Psikolog bidang Hubungan masyarakat, informasi dan komunikasi, Nila Anggrainy M.Psi Psikolog dan Septi Mayang Sarry M.Psi Psikolog bidang pengembangan profesi, riset dan keilmuan.

"Psikologi forensik merupakan titik temu antara bidang ilmu psikologi dan hukum. Harapannya ada peningkatan peran, khususnya psikologi dalam membantu membuat terang suatu perkara hukum," ungkap Reni kusumowadhani, M.Psi., Psikolog.

Selain itu, Nila anggrainy selaku perwakilan bidang pengembangan profesi, riset dan keilmuan mengatakan, Apsifor sendiri merupakan salah satu Asosiasi di bawah Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) yang fokus kepada memberikan kontribusi riill dalam pembangunan hukum dan pemecahan permasalahan dalam bidang Psikologi Forensik secara profesional di Indonesia.

"Dengan semakin banyaknya kasus-kasus hukum keterlibatan psikologi, sangat diperlukan mulai dari penyidikan, sidang, lapas hingga narapidana keluar dari lapas. Sehingga hasil pemeriksaan psikologi dari psikolog akan menjadi pertimbangan dalam memutuskan perkara," ungkap Nila.

Di tempat yang sama, Andhika Anggawira, M.Psi., Psikolog yang baru menjabat sebagai ketua berpesan agar Apsifor dapat dijadikan sebagai payung kegiatan bagi psikolog dalam semua proses hukum baik pidana maupun perdata.

"Apsifor mengajak teman-teman psikolog yang pernah membantu proses hukum baik bagi saksi/korban/pelaku dalam berbagai kasus yang berkaitan dengan kasus pidana maupun perdata untuk bergabung dengan apsifor. Kemudian Menjadikan apsifor sebagai payung kegiatan bagi teman-teman psikolog dalam semua proses hukum baik pidana maupun perdata," ungkapnya.

Andhika menambahkan, psikolog yang tergabung dalam Apsifor juga dapat bekerjasama dengan instansi/badan/organisasi lain untuk bersinergi dalam proses-proses hukum demi tegaknya keadilan baik pidana maupun perdata.

Selain pelantikan pengurus baru, Apsifor juga mengadakan workshop kompetensi psikologi forensik guna menambah kompetensi psikolog dalam menangani kasus-kasus yang berkaitan dengan hukum. (*)

Reporter : YESSI /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM