Hasil Tes Negatif Corona, Presiden Trump Malah Tambah Daftar Negara Terlarang Dikunjungi


Ahad, 15 Maret 2020 - 18:04:27 WIB
Hasil Tes Negatif Corona, Presiden Trump Malah Tambah Daftar Negara Terlarang Dikunjungi Presiden AS Donald Trump menjalani uji medis virus corona beberapa hari setelah bertemu pejabat Brasil yang dinyatakan positif. (AFP/Brendan Smialowski).

JAKARTA, HARIANHALUAN.CM-Dokter Gedung Putih menyatakan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump negatif virus corona atau Covid-19 setelah melakukan tes.

Trump memutuskan untuk melakukan tes tersebut pada Sabtu (14/3) setelah sebelumnya melakukan makan malam bersama Presiden Brazil Jair Bolsonaro dan sekretaris pers untuk Presiden Brazil yang dinyatakan positif Covid-19. Bolsonaro pun telah melakukan tes dan hasilnya negatif. 

Media setempat sempat menyebut Trump egois lantaran tidak segera melakukan tes atau mengisolasi dirinya setelah makan malam tersebut. Namun Trump menyatakan, “Saya tidak pernah bilang tidak akan melakukan tes”, dikutip CNBC International, Minggu (15/3). 

“Setelah berdiskusi secara mendalam dengan Presiden terkait tes Covid-19, dia memutuskan untuk melakukannya. (Sabtu) malam ini, saya menerima laporan bahwa hasilnya negatif,” jelas tim dokter Gedung Putih. 

 Tim dokter gedung putih juga menyebutkan bahwa mereka senantiasa berkoordinasi dengan Center fro Desease Control (CDC) dan Satuan Kerja Virus Corona Gedung Putih terkait upaya mitigasi penyebaran dan paparan Covid-19. Selain itu Wakil Presiden AS Mike Pence juga menyatakan akan melakukan tes Covid-19 . 

 Sementara itu pembatasan penerbangan juga akan ditingkatkan mulai Senin (16/3) tengah malam waktu AS, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. 

 AS pun menambahkan Inggris dan Irlandia ke dalam daftar larangan perjalanan seiring dengan jumlah korban meninggal akibat Covid-19 yang semakin bertambah di sana. Pada Sabtu otoritas kesehatan Inggris melaporkan 10 korban meninggal akibat corona. Meski demikian, Pence menegaskan bahwa warga negara AS di Inggris dan Irlandia akan tetap diizinkan pulang melalui bandara yang telah ditentukan. 

Beberapa anggota Kongres AS, termasuk senator asal Texas Ted Cruz, melakukan isolasi mandiri setelah bertemu dengan beberapa orang yang positif Covid-19. Beberapa tokoh besar seperti aktor Tom Hanks dan pemain basket klub Utah Jazz Rudy Gobert juga diketahui positif terinfeksi virus tersebut. Beberapa tokoh dunia lainnya seperti istri Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Gregoire Trudeau, telah dinyatakan positif Covid-19. (*)

loading...
 Sumber : katadata.co.id /  Editor : dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]