Ini Tips Isolasi Diri Cegah Penularan Virus Corona


Senin, 16 Maret 2020 - 05:46:42 WIB
Ini Tips Isolasi Diri Cegah Penularan Virus Corona Warga Inggris berusia 90 tahun ke atas akan dipaksa mengisolasi diri di rumah untuk mengendalikan virus Corona.[REUTERS]

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Wabah virus corona semakin mengkhawatirkan. Dokter spesialis paru yang juga menjadi Juru Bicara RSUP Persahabatan, Erlina Burhan, membagikan tips melakukan isolasi diri untuk mencegah penyebaran virus corona. Erlina, yang turut berperan sebagai anggota Satgas Waspada dan Siaga Covid-19 PB IDI, dalam keterangannya menyampaikan seseorang dengan gejala infeksi saluran napas secara volunter atau rekomendasi petugas kesehatan dapat melakukan isolasi di rumah. Jenis sakit ini masih tergolong sakit ringan.

“Adapun, jika positif terkena COVID-19, durasi isolasi diri tergantung rekomendasi petugas kesehatan hingga dikatakan negatif COVID-19,” paparnya, dikutip dari Tempo, Senin (16/3/2020).

Erlina menuturkan dalam melakukan isolasi diri ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Idealnya, ruangan isolasi terpisah dengan anggota keluarga yang lain. Selain itu, jaga jarak dengan orang sehat minimal 1 meter.

Anda juga harus selalu menggunakan masker dan menerapkan etika ketika batuk dan bersin. Gunakanlah tisu, lalu buang ke tempat sampah tertutup, kemudian cuci tangan.

Tips lain buat yang mengisolasi diri ialah menghindari pemakaian barang pribadi seperti alat makan, alat mandi, kain, dan sebagainya. Cucilah alat makan dengan sabun.

Untuk pasien, peralatan pribadi seperti tisu, sarung tangan, dan pakaian yang dipakai, harus dimasukan ke wadah linen khusus dan terpisah. Cuci pakaian dengan mesin dalam suhu 60–90 derajat celcius dengan deterjen biasa.

“Lakukanlah juga pembersihan dan disinfektan rutin area yang tersentuh,” imbuhnya.

Erlina menuturkan batasi jumlah perawat yang merawat pasien dan pastikan perawat itu sehat. Batasi juga jumlah pengunjung dan membuat daftar.

Selain itu, Anda disarankan melakukan monitor pribadi jika positif terkena COVID-19 atau memiliki riwayat perjalanan ke negara terjangkit. Durasi monitor diri selama 14 hari dari kontak atau paparan terakhir.

“Jika muncul gejala, segera self isolation. Kontak dan telepon layanan kesehatan,” ujarnya.

Untuk mencegah penyebaran virus, Anda dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Caranya, pertama, istirahat yang cukup. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam sehari, sedangkan remaja sekitar 9-10 jam sehari.

Perbanyak makan buah dan sayuran karena kandungan vitamin dan mineral dapat memperkuat sistem imun. Selain itu, rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Olah raga yang mudah dilakukan adalah berjalan kaki.

“Anda juga dapat mengonsumsi suplementasi yang mengandung echinacea, buah mengkudu, daun meniran, vitamin B6, vitamin C, dan E sebagai tambahan, tetapi bukan yang utama,” jelasnya.

Selain itu, dalam memperkuat sistem imun tubuh, hindari stres, rokok, dan alkohol. Stres dapat meningkatkan hormon kortisol yang menurunkan sistem kekebalan. Adapun, paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem imun. (*)

loading...
 Sumber : Tempo /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 09:54:05 WIB

    Benar Gak Sih 'Uang Suami Uang Istri'? Begini Tips Pengaturannya Biar Gak Cekcok

    Benar Gak Sih 'Uang Suami Uang Istri'? Begini Tips Pengaturannya Biar Gak Cekcok HARIANHALUAN.COM - Biar keuangan rumah tangga aman, pasangan baru perlu kelola keuangan dengan cerdas. Bagi orang-orang yang sudah mengubah statusnya dari lajang menjadi menikah, tentu bukan jadi rahasia lagi jika finansial m.
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 06:28:26 WIB

    Jangan Abaikan 5 Hal Ini Saat Membeli Roti

    Jangan Abaikan 5 Hal Ini Saat Membeli Roti HARIANHALUAN.COM - Ingin sarapan yang praktis dan cepat? Pilihan sebagian orang kerap jatuh pada roti. Bahan pangan satu ini dikenal fleksibel untuk beragam sajian. Kadang cukup dioles dengan selai atau sekadar dipanggang den.
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 21:46:34 WIB

    Di Tengah Pandemi Covid-19, Tanaman Hias Ini Ramai Diburu Pembeli

    Di Tengah Pandemi Covid-19, Tanaman Hias Ini Ramai Diburu Pembeli HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid-19 ternyata membawa berkah tersendiri bagi penjual tanaman hias di Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Pasalnya, pandemi Covid-19 telah merubah kebiasaan masyarakat, seperti merawat dan bercocok tan.
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 20:03:49 WIB

    Wah, Pria 37 Tahun Ini Asuransikan Alat Vitalnya Rp 14 Miliar

    Wah, Pria 37 Tahun Ini Asuransikan Alat Vitalnya Rp 14 Miliar HARIANHALUAN.COM - Seorang pria mengasuransikan alat vitalnya. Alasan pria bernama Keiran Lee mengasuransikan kemaluannya cukup mengejutkan karena terkait dengan pekerjaannya..
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 22:06:43 WIB

    Dear Mama Muda, Ini 9 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami

    Dear Mama Muda, Ini 9 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami HARIANHALUAN.COM - Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membangun persediaan ASI yang sehat. Selain makanan, teknik menyusui yang benar juga berperan penting dalam suplai ASI Bunda..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]