6 Cara Melindungi Diri Sendiri & Orang Lain dari Virus Corona


Senin, 16 Maret 2020 - 10:11:48 WIB
6 Cara Melindungi Diri Sendiri & Orang Lain dari Virus Corona Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Virus corona kini tengah meneror beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia. Kondisi ini membuat banyak orang merasa takut dan cemas. Pemerintah pun tengah melakukan berbagai upaya agar virus corona dapat segera diatasi.

Meski demikian, kita perlu mengetahui beberapa cara untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus corona. Dikutip dari cgv.gov, berikut cara-caranya.

Rajin Mencuci Tangan

Cara pertama yaitu sering-seringlah mencuci tangan Anda dengan sabun dan air. Terlebih jika Anda usai berada di tempat umum atau setelah menutup mulut dan hidung usai bersih batuk.

Cuci tangan Anda dengan sabun dan air selama 20 detik. Jika tidak ada sabun dan air, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Usapkan pada semua permukaan tangan dan gosokkan merata sampai kering.

Hindari menyentuh bagian hidung, mulut dan mata dengan tangan yang belum dicuci bersih.

Hindari Kontak Dekat

Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit. Berikan jarak antara Anda dan orang yang sedang sakit jika Covid-19 menyebar di sekitar Anda.

Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah penularan virus. Terlebih untuk orang-orang yang berisiko tinggi untuk sakit parah.

Tetap Berada di Rumah Jika Sakit

Jika Anda sedang sakit, usahakan untuk tetap berada di rumah kecuali untuk mendapat perawatan medis. Periksakan kondisi Anda pada dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Tutupi Hidung dan Mulut Jika Batuk atau Bersin

Jika Anda sedang batuk atau ingin bersin, jangan lupa untuk menutupi mulut dan hidung dengan tisu atau menggunakan bagian dalam siku Anda. Kemudian buang bekas tisu tersebut ke tempat sampah.

Segera cuci tangan Anda dengan sabun dan air selama 20 detik. Jika tidak tersedia sabun dan air, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol.

Gunakan Masker Jika Sakit

Jika Anda sedang sakit, gunakan masker saat berada di dekat orang lain, seperti di kendaraan umum, kamar bersama dan sebelum Anda memasuki ruang periksa di pusat pelayanan kesehatan.

Apabila Anda tidak menggunakan masker karena mengalami kesulitan bernapas, maka Anda harus melakukan hal lain untuk menutup bersin dan batuk Anda.

Untuk seseorang yang sedang merawat Anda, ingatkan untuk menggunakan masker saat memasuki ruangan Anda. Pelajari dan ketahui hal-hal yang dilakukan jika Anda sakit.

Untuk orang yang sehat, Anda tidak perlu menggunakan masker. Kecuali Anda sedang merawat orang yang sakit dan orang tersebut tidak memakai masker.

Rajin Membersihkan dan Disinfeksi

Cara ke enam, yaitu dengan rajin membersihkan dan disinfeksi permukaan benda-benda yang Anda sentuh setiap hari. Benda-benda tersebut seperti meja, gagang pintu, telepon, sakelar lampu, keyboard, keran, bak cuci hingga toilet.

Apabila permukaannya kotor, bersihkan dengan menggunakan deterjen atau sabun. Kemudian bilas dengan air. Lakukan sebelum disinfeksi. (h/*)

 Sumber : merdeka.com /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM