Ada 6 Ribu Guru Honor di Sumbar, Guspardi Gaus: Ini Bengkalai yang Harus Diselesaikan Pemerintah


Senin, 16 Maret 2020 - 12:45:16 WIB
Ada 6 Ribu Guru Honor di Sumbar, Guspardi Gaus: Ini Bengkalai yang Harus Diselesaikan Pemerintah Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus saat pertemuan dengan guru honor K2 se-kabupaten/kota di Sumbar baru-baru ini. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 439 ribu guru honorer K2 yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia menunggu diangkat jadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Khusus di Sumbar, total ada 6 ribu guru honorer K2 yang menggantungkan harapan pada putusan pemerintah untuk bisa diangkat segera.

Hal ini disampaikan oleh anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus saat pertemuan dengan guru honor K2 se-kabupaten/kota di Sumbar baru-baru ini.

Guspardi menegaskan persoalan honorer K2 adalah bengkalai yang harus diselesaikan oleh pemerintah pusat. Wakil rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) II Sumbar ini mengatakan, pemerintah wajib mengangkat honorer K2 karena selama ini mereka cenderung menerima gaji yang tidak manusiawi.

"Sebelum jadi wakil rakyat saya merupakan tenaga pendidik, saya adalah dosen, tahu sekali saya bagaimana honorer K2 digaji dengan tidak manusiawi atau sangat kecil," ujarnya.

Sebagai anggota Komisi II yang salah satu mitra kerjanya Kemenpan RB, disebut Guspardi, ia dan anggota Komisi II lainnya telah bebeberapa kali mendesak pemerintah untuk menuntaskan pengangkatan honor K2 ini. Ia juga meminta agar honorer K2 tidak perlu ikut ujian.

"Kalau pun ada ujian sifatnya formalitas saja. Sebab dari segi pengalaman bapak/ibu guru ini sudah tidak perlu diragukan lagi, pengalaman mereka rata-rata sudah puluhan tahun," tegasnya.

Sebagai wakil rakyat, jelasnya, membahas anggaran, melahirkan Undang-Undang, dan melakukan pengawasan merupakan tugas dan fungsi yang harus dijalankan DPR RI. Mendorong pemerintah agar segera mengangkat honorer K2 jadi ASN merupakan bahagian dari fungsi pengawasan.

Guspardi yang juga anggota Panitia Kerja (Panja) RUU CPNS ini juga meminta honorer K2 yang ada di Sumbar ikut memberi masukan terhadap RUU CPNS yang tengah disusun DPR RI, masukan bisa disampaikan melalui dirinya. Jika dari pandangan honorer K2, konsep RUU yang tengah disusun belum berpihak pada mereka, mantan Wakil Ketua DPRD Sumbar periode 2014-2019 ini menyatakan siap memperjuangkan, sehingga aturan yang ada bisa mengakomodir honorer K2. (h/len)

loading...
Reporter : Leni Marlina /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]