Wah! Ilmuwan Belanda Klaim Sudah Temukan Antibodi Corona


Senin, 16 Maret 2020 - 13:53:32 WIB
Wah! Ilmuwan Belanda Klaim Sudah Temukan Antibodi Corona ilustrasi Covid-19

SAINS, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak sepuluh orang peneliti dari Universitas Utrecht dan pusat medis Erasmus, Belanda telah mengembangkan antibodi manusia yang mereka katakan berpotensi untuk pencegahan dan pengobatan virus corona (Covid-19). Mereka mengklaim antibodi dapat menyembuhkan Covid-19.

Antibodi ini belum diuji pada manusia- dan proses ini bisa memakan waktu berbulan-bulan. Dilansir dari Dutch Review, Senin (16/3/2020), antibodi tersebut adalah protein yang pada dasarnya membantu sistem kekebalan tubuh, mendeteksi dan menaturalisasi zat asing. Antibodi itu juga membantu tubuh memerangi virus tersebut.

Meskipun antibodi bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk diuji pada manusia, seorang profesor mengatakan kepada RTLNieuws bahwa itu adalah yang pertama untuk mencegah virus yang berpotensi menyasar area pasar. "Penting untuk tidak memberikan harapan palsu tetapi penemuan itu menjanjikan,” ujar pemimpin penelitian Berend-Jan Bosch di situs web UU, melansir Dutch News.

"Tapi masih terlalu cepat untuk berspekulasi tentang akhirnya bekerja pada orang,” sambungnya seperti dilansir Haluan.co (Haluan Media Group).

Para ilmuan itu kini sedang menunggu tinjauan beberapa ahli sebelum dapat diterbitkan dalam jurnal ilmiah. Mereka sekarang mencoba untuk mendapatkan perusahaan farmasi yang dapat memproduksi antibodi dalam skala besar sebagai obat. "Sebelum dapat dipasarkan, antibodi harus melalui fase pengembangan yang luas dan diuji untuk sifat toksikologis,” kata profesor Erasmus, Frank Grosveld pada Erasmus Magazine.

"Proses itu sekarang sedang berlangsung. Selain pengembangan sebagai obat, kami juga ingin menggunakan antibodi untuk melakukan tes diagnostik: yang dapat dilakukan semua orang dari rumah, sehingga orang dapat dengan mudah mengetahui apakah mereka memiliki infeksi atau tidak,” kata Grosveld.

Grosveld berharap dengan meminum obat itu dapat menghentikan infeksi dan memberi pasien waktu untuk pulih. “Tapi pencegahan tentu saja lebih baik daripada penyembuhan,” katanya.

Solusi terbaik untuk virus covid-19 menurutnya adalah vaksin. Namun demikian, untuk membuat vaksin diperlukan waktu hingga dua tahun. “Karena itu solusi nyata adalah vaksin, yang lain sedang mengerjakannya. Namun, mengembangkan vaksin dapat memakan waktu dua tahun. Obat kita, jika semuanya berfungsi sebagaimana mestinya, bisa lebih cepat di sini. Hanya saja, lebih mahal untuk diproduksi.”kata dia

Adapun demikian, ahli virus Ab Osterhaus, yang juga terlibat dalam penelitian mengatakan, bahwa optimisme tentang anti bodi itu harus ditangkal.
Osterhaus menjelaskan mengapa antibodi itu mungkin tidak mengarah ke obat, karena Banyak dari temuan semacam itu tidak berhasil. “Anda tidak boleh berpikir bahwa Anda dapat membuat beberapa kilogram obat ini dan dunia akan diselamatkan,” katanya kepada Telegraph. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 01:53:10 WIB

    Wah! Terapi Musik Dapat Bantu Pemulihan Pasien Stroke

    Wah! Terapi Musik Dapat Bantu Pemulihan Pasien Stroke HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Penelitian baru telah menemukan bahwa sesi terapi musik memiliki efek positif pada neurorehabilitasi pasien stroke akut serta suasana hati mereka. Seperti dilansir dari Science Daily, Studi ini dil.
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 06:23:24 WIB

    Wah! Masakan Padang Bisa Menangkal Virus Corona, Begini Kata Ahli

    Wah! Masakan Padang Bisa Menangkal Virus Corona, Begini Kata Ahli HARIANHALUAN.COM – Berbagai macam cara dicoba untuk menangkal diri agar tidak tertular virus corona, pasca pemerintah mengumumkan virus mematikan tersebut masuk ke Indonesia beberapa waktu lalu..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]