Cegah Corona, Dinkes Mentawai Gelar Sosialisasi di Sekolah


Senin, 16 Maret 2020 - 16:29:17 WIB
Cegah Corona, Dinkes Mentawai Gelar Sosialisasi di Sekolah Sosialisasi terhadap siswa SMA di Mentawai.

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Mentawai mengadakan sosialisasi di tingkat pelajar SMA, SMP, Senin (16/03/2020). Kabid Kesehatan Masyarakat, dr.Toni Rusli melalui Kasi Promosi dan Pemberdayaan Dinkes Mentawai Evi Ester Hutagaol menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut intruksi dari Gubernur Sumbar tentang corona.

"Hari ini kita sudah mengadakan sosialisasi di 7 Sekolah mulai dari tingkat SMA sampai SMP dan untuk tingkat SD kita rencanakan dilaksanakan hari sabtu, karena anak SD sedang mengikuti ujian try out," terang Ester.

Ia menyebutkan dalam sosialisasi tersebut pihaknya dibantu oleh pihak Kepolisian dan TNI untuk memperkenalkan asal usul virus corona atau Covid-19, kemudian membagikan tips untuk menghindari virus corona tersebut. 

"Yang kami sampaikan pada saat sosialisasi yang pertama pengenalan mulai dari asal-usul virus corona, kemudian ciri-ciri orang yang terkena virus corona, gejalanya terlihat persis seperti terserang penyakit flu tapi sedikit lebih aneh, kemudian upaya pencegahan kita sampaikan salah satunya adalah perilaku hidup bersih dan sehat, kemudian tidak berjabat tangan cukup 'say hello' saja," paparnya.

Disamping itu ia juga menyarankan kepada pihak sekolah agar menyediakan sabun di toilet atau kamar mandi untuk cuci tangan, dimana para siswa dianjurkan melakukan cuci tangan sekali setiap 1 sampai 2 jam. " Kita harapkan pihak sekolah terus menghimbau siswa agar mencuci tangan pakai sabun, karena ini salah satu upaya kita terhindar dari virus penyakit," tambahnya. 

Lebih lanjut, dikatakannya, secara umum sejauh ini belum ada masyarakat di Kepulauan Mentawai yang terjangkit wabah penyakit virus corona tersebut dan pelajar di Mentawai masih terus melakukan aktivitas belajar mengajar. Sejauh ini proses belajar mengajar masih jalan, kemudian sosialisasi di tingkat Kecamatan juga sudah dilaksanakan oleh pihak Puskesmas dan dibantu oleh unsur Muspika.

"Karena semua sekolah di Mentawai kita sosialisasikan minimal mereka tau apa itu corona dan cara mencegahnya," tutupnya. (*)

Reporter : Redi /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 20 Maret 2020 - 19:15:32 WIB

    Cegah Corona, Siswa di Solsel Belajar di Rumah Selama Dua Pekan

    Cegah Corona, Siswa di Solsel Belajar di Rumah Selama Dua Pekan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Pelajar di Solok Selatan (Solsel) terhitung 21 Maret hingga 3 April 2020 tidak melakukan Proses Belajar Mengajar (PBM) di sekolah, untuk mengantisipasi wabah Covid-19. Akan tetapi, proses bel.
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 12:45:44 WIB

    Cegah Corona, Selama 14 Hari Politeknik ATI Padang Lakukan Kuliah Jarak Jauh

    Cegah Corona, Selama 14 Hari Politeknik ATI Padang Lakukan Kuliah Jarak Jauh PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19, Politeknik ATI Padang memberlakukan kegiatan perkuliahan tatap muka menjadi jarak jauh atau sistem daring. Kebijakan ini berdasarkan Surat Edaran N.
  • Senin, 16 Maret 2020 - 14:47:45 WIB

    Cegah Corona, Politeknik ATI Padang Produksi 1.700 Hand Sanitizer

    Cegah Corona, Politeknik ATI Padang Produksi 1.700 Hand Sanitizer PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Tim Reaksi Cepat (TRC) Politeknik ATI Padang menciptakan cairan pembersih tangan (Hand Sanitizer). Proses pembuatan Hand Sanitizier digelar di Laboratorium Terintegrasi dan Teaching Factory, Prodi .
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 22:31:39 WIB

    Cegah Virus Corona, UNP Tiadakan Kuliah Tatap Muka

    Cegah Virus Corona, UNP Tiadakan Kuliah Tatap Muka PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Ganefri, melalui surat edaran rektor bernomor 1530/UN35/TU/2020 meniadakan perkuliahan tatap muka di UNP guna mengantisipasi penyebaran virus coronaatau CO.
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 18:59:15 WIB

    Cegah Corona, UGM juga Liburkan Kuliah di Kampus

    Cegah Corona, UGM juga Liburkan Kuliah di Kampus YOGYAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Setelah Universitas Indonesia (UI) mengambil kebijakan meliburkan perkuliahan atau Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), kini disusul oleh Universitas Gadjah Mada (UGM)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM