Indikasi Penumpang AirAsia Belum Jelas, Apakah MERS-CoV atau Covid-19?


Senin, 16 Maret 2020 - 16:57:49 WIB
Indikasi Penumpang AirAsia Belum Jelas, Apakah MERS-CoV atau Covid-19? Direktur Umum SDM dan Pendidikan RSUP Dr M Djamil Padang, Dr. dr. Dovy Djanas didampingi Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP DR. M. Djamil Padang, Gustafianof.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Penumpang pesawat AirAsia yang langsung mendapatkan perawatan khusus sesampainya di BIM, Senin (16/3/2020) pagi sudah sampai di RSUP DR. M. Djamil Padang untuk perawatan. Namun, sejauh ini, indikasi penumpang tersebut masih belum jelas, apakah MERS-CoV atau Covid-19.

Direktur Umum SDM dan Pendidikan RSUP Dr M Djamil Padang, Dr. dr. Dovy Djanas mengatakan, saat ini penumpang AirAsia tersebut sudah dalam penanganan dokter di ruang Geriatri (ruang perawatan usia lanjut) yang digunakan sementara sebagai tempat isolasi penumpang pasien terpapar MERS-CoV atau Covd-19. 

"Pasien ini ditempatkan di ruangan yang bersebelahan dengan ruang isolasi. Artinya, ruangan tersebut juga digunakan untuk jaga-jaga jika ada kondisi darurat nantinya," kata Dr. Dovy. 

Ditambahkannya, setidaknya ada empat orang lagi yang berada di dalam pemeriksaan dalam ruangan tersebut, namun belum jelas hasilnya, apakah mereka akan dirawat atau tidak. Dari empat orang tersebut ada satu penumpang AirAsia yang datang pada Senin siang serta tiga lagi dari rumah sakit di daerah. 

"Mereka tidak diisolasi, hanya diperiksa. Jika nanti boleh pulang, maka statusnya Orang Dalam Pemantauan (ODP). Jika tidak, mereka akan tetap dirawat di ruang isolasi," jelas Dr. Dovy. 

Sejauh ini, di ruang isolasi ada tujuh pasien yang sedang dirawat yakni dengan suspect MERS-CoV empat pasien dan suspect Covid-19 tiga pasien. "Sepanjang Maret, sudah ada puluhan pasien yang kita periksa. Semuanya negatif," tutup Dr. Dovy. (*)

 Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM