Tak Terpengaruh Virus Corona, Pariwisata Sumbar Tetap Buka


Senin, 16 Maret 2020 - 20:55:10 WIB
Tak Terpengaruh Virus Corona, Pariwisata Sumbar Tetap Buka Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Istana Gubernuran, Senin (16/3/2020).

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Selain tidak meliburkan sekolah, Pemerintah Provinsi Sumbar juga menyatakan tempat wisata tetap dibuka karena berdampak pada perekonomian masyarakat. Hanya saja, provinsi itu akan memperketat pengawasan bagi wisatawan yang datang dari luar daerah.

"Tempat wisata tadi kita sepakati tetap buka. Travel agen, hotel, tempat wisata yang berbayar kita minta bantuan biar bisa dicek dan didata ketika dia (pengunjung) panas langsung diproses," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno usai rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Istana Gubernuran, Senin (16/3/2020).

Apabila nanti kondisi sudah tidak bagus, kata Irwan, maka Bupati/Walikota bisa membuat tindakan untuk melakukan lockdown untuk destinasi wisata tersebut. Karena sesuai kesepatan rapat bahwa hal ini merupakan kewenangan yang diserahkan kepada Bupati/Walikota.

Kendati demikian, Irwan menegaskan, pihaknya tetap aktif karena kegiatan bersama Pemda hanya sekali ini dilakukan. Sebelumnya juga telah dilakukan rapat Covid-19 bersama Forkopinda, KKP, DPRD, Tenaga Kesehatan, bahkan rapatnya sudah dilalukan berkali-kali.

"Jadi kita ingin sampaikan kepada media harus profesional dan terukur. Jangan yang kena di Padang, yang dilockdown malah di Dharmasraya, Bukittinggi," tegas Irwan.

Irwan pun menambahkan, wilayah Sumbar ini berbeda dengan Surabaya. Karena pengunjung yang masuk itu terbatas. Dari luar negeri hanya datang dari Malaysia. Penumpangnya pun juga tidak banyak karena negeri jiran sudah memiliki larangan ke luar negeri.

"Jadi tidak banyak walaupun ada warga Sumbar yang pulang ke rumah atau pulang kampung karena dari luar negeri hanya satu negara," ulas Irwan.

Sementara yang datang dari pelabuhan Teluk Bayur, sebut Irwan, hanya kru kapal angkutan. Sebelum mereka masuk ke darat terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan selama 15 hari. Begitu juga pelabuhan Bungus, jalurnya hanya ke Mentawai.

"Wisman yang masuk juga sudah diperiksa, masuk ke Bali, Jakarta. Kemari pun juga kita periksa. Jadi kita tetap memberikan peluang wisata sehingga ekonomi bergerak tetapi tetap dijaga supaya tidak menyebar Corona di Sumbar," tukasnya. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 18:08:52 WIB

    Viral! Tak Hanya di Album Koes Plus, Kolam Susu Kini Hadir Secara Nyata

    Viral! Tak Hanya di Album Koes Plus, Kolam Susu Kini Hadir Secara Nyata WISATA,HARIANHALUAN.COM-Tak hanya hadir dalam  albumnya Koes Plus, Kolam Susu  secara nyata kini tengah viral dan menjadi perbincangan publik. .
  • Selasa, 28 Januari 2020 - 10:41:45 WIB

    Menpar Wishnutama: Turis China Tak Dilarang ke Indonesia

    Menpar Wishnutama: Turis China Tak Dilarang ke Indonesia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pariwita menyatakan tidak melarang turis China berkunjung ke Indonesia. Meski Wabah virus Corona tengah melanda sejumlah negara..
  • Sabtu, 15 Juni 2019 - 20:23:14 WIB

    Kunjungan Wisman Januari-April Tak Capai Target

    Kunjungan Wisman Januari-April Tak Capai Target JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Capaian kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada catur wulan pertama (Januari-April 2019) berada di bawah target. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, jumlah kunjungan wisma.
  • Jumat, 02 Desember 2016 - 00:24:11 WIB

    Hasil Kerja Pansus Lahan DPRD Riau tak Ditanggapi

    PEKANBARU, Haluan — Komisi A DPRD Riau mengaku kecewa dan menyayangkan sikap aparat penegak hukum di Bumi Lancang Kuning. Hal itu terkait sikap aparat tersebut yang terkesan tidak menanggapi hasil kerja Panitia Khusus Monit.
  • Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:11:36 WIB

    164 Tempat Hiburan Dumai Tak Berizin

    DUMAI, HALUAN – Sekitar 164 tempat usaha atau tempat hiburan di Kota Dumai, Provinsi Riau, seperti gelanggan permainan (gelper), biliar, salon, wisma, panti pijat, kara­oke dan warnet tidak mengantongi izin usaha..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM