Antisipasi Corona, Batam Siapkan Rp4 Miliar


Senin, 16 Maret 2020 - 21:54:32 WIB
Antisipasi Corona, Batam Siapkan Rp4 Miliar ilustrasi

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyiapkan dana sekitar Rp 4 miliar untuk digunakan dalam penanganan pencegahan penularan virus Covid-19 yang dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi.

"Tadi pembahasan Pemkot Batam dan DPRD dimungkinkan alokasi dengan biaya Rp 3 miliar sampai Rp 4 miliar," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam Amsakar Achmad di Batam, Senin (16/3).

Baca Juga : Melalui Si Jadoel, Inovasi untuk Tingkatkan Pemahaman Peserta JKN – KIS di Masa Pandemi

Dana itu diambil dari anggaran biaya tidak terduga dalam APBD 2020. Rencananya, kata dia, dana itu akan digunakan selama dua bulan ke depan untuk memutus mata rantai virus di kota kepulauan itu.

Pemkot Batam membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Keputusan Presiden no.7 tahun 2020. Hingga saat ini, tidak ada warga kota yang dinyatakan terpapar virus Covid-19 itu. Ia berharap, adanya gugus tugas dapat terus meminimalkan penyebaran virus di Batam.

Baca Juga : Ketua KNPI Padang: Pemuda harus Lebih Aware dengan Jaminan Kesehatan dan Dukung Program Mulia JKN – KIS

"Kita bersama-sama bertanggung jawab buat Batam lebih baik," katanya.

Gugus Tugas dibentuk dalam tiga kelompok kerja, yaitu pencegahan, penindakan serta sosialisasi dan publikasi.

Tim juga akan bekerja untuk menenangkan masyarakat agar tidak terjadi panic buying. Pemkot Batam juga mengimbau masyarakat untuk tidak menimbun berbagai kebutuhan. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Republika
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]