Bukan Masker, Ini yang Wajib Anda Sediakan saat Virus Corona Mewabah


Selasa, 17 Maret 2020 - 06:33:52 WIB
Bukan Masker, Ini yang Wajib Anda Sediakan saat Virus Corona Mewabah Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Wabah virus coronayang telah menyebar ke berbagai negara, memang tak bisa dipungkiri menimbulkan kekhawatiran pada banyak orang.

Inilah yang kemudian membuat orang-orang di seluruh dunia berlomba menyimpan barang-barang, mulai dari masker, bahan makanan hingga tisu toilet, apalagi kasus virus corona yang terus meningkat.

Namun, terlepas dari fa?kta bahwa kita terpapar virus corona atau tidak, memang ada hal-hal penting yang perlu disiapkan.

"Simpan persediaan air dan makanan untuk dua minggu," saran situs darurat dan persiapan bencana Departemen Keamanan AS, ready.gov, dikutip dari kompas.com, Selasa (17/3/2020).

Situs ini juga menyarankan pemeriksaan berkala terhadap obat resep untuk memastikan pasokan selalu ada dan memastikan obat tanpa resep seperti obat penghilang rasa sakit, batuk, dan obat flu selalu tersedia di rumah.

Selain itu, American Red Cross merekomendasikan agar kita memiliki peralatan P3K di rumah untuk mengobati cedera umum, termasuk luka, goresan, bengkak, keseleo, tegang, dan banyak lagi.

"Saat ini, orang-orang melakukan hal-hal yang sangat konyol," kata Regina Phelps, perencana pandemi dan pakar manajemen krisis kepada CNBC Make It.

Selama dua dekade sebagai perencana mengatasi pandemi, Phelps mempelajari bahwa saat ini orang ataupun perusahaan tidak membuat rencana kebutuhan, "respons alami" mereka yaitu membeli barang yang tidak diperlukan dan akhirnya tidak dipakai.

Itu bisa mengeluarkan banyak biaya yang sebenarnya tidak perlu.

Phelps, pendiri Emergency Management and Safety Solutions di San Francisco, mengatakan banyak orang sering membuang uang mereka untuk membeli beberapa barang ini:

1. Makanan yang tidak biasa kita konsumsi

Menurut Phelps, banyak orang tanpa rencana atau daftar belanjaan memasukkan makanan yang biasanya justru tidak mereka konsumsi ke dalam troli, agar merasa lebih aman.

"Saya tinggal di negara gempa sekarang dan saya akan melihat persediaan gempa bumi orang-orang dan berkata, 'apa kamu benar-benar suka sup daging sapi kalengan?'"

Dan sebagian besar orang akan berkata "tidak," kata Phelps.

"Belilah makanan yang benar-benar akan dimakan. Bukan barang yang hanya karena ada di sana dan kita berpikir, 'mungkin ini akan baik.' Yang kita perlukan hanyalah memiliki kebutuhan dasar," imbuhnya.

2. Masker

"Semua orang berpikir, 'saya butuh masker,'" kata Phelps.

Tetapi kenyataannya adalah, jika kita tidak sakit, atau sedang merawat seseorang yang sakit, atau terbang dengan pesawat, kita tidak perlu memakainya.

"Percayalah, itu tidak perlu," ujarnya.

3. Perlengkapan pembersih mewah

Phelps mengatakan, kebanyakan orang menjadi kalap dengan membeli segala macam persediaan pembersih, tisu, dan pembersih tangan khusus untuk memerangi penyebaran virus.

"Kita tidak dapat menemukan hal-hal seperti alkohol atau tisu disinfektan karena orang-orang sedang panik," katanya.

Tetapi dia mengatakan, yang kita butuhkan hanyalah pemutih dan sabun tangan untuk membersihkan dan mendisinfeksi benda-benda di rumah kita.

"Pemutih sangat murah. Kita dapat menggunakannya di kamar mandi dan pada gagang pintu dan hal semacam itu. Jadi kita tidak benar-benar membutuhkan barang pembersih mewah."

4. Filter udara

Saat beberapa orang merekomendasikan pelembab udara atau filter HEPA untuk meningkatkan kualitas udara dan mengurangi risiko penularan virus corona, menurut Phelps, perangkat mahal tidak diperlukan.

"Sebagian besar filter udara tidak memiliki mikron khusus untuk benar-benar membunuh virus dan itu tidak akan membantu," katanya. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 24 Februari 2020 - 12:49:37 WIB

    Bukan Menabung Ya! Ini Rahasia Chidester Kaya di Usia Muda

    Bukan Menabung Ya! Ini Rahasia Chidester Kaya di Usia Muda LIFESTYLE, HARIANHALUAN.COM- Baru berusia 28 tahun, Tanner Chidester sudah memiliki  total kekayaanmencapai 1 juta dolar AS atau hampir Rp14 miliar..
  • Selasa, 22 Oktober 2019 - 13:40:22 WIB

    Bukan Atta Halilintar, Ternyata Bocah 8 Tahun Ini Raja Youtuber Dunia!

    Bukan Atta Halilintar, Ternyata Bocah 8 Tahun Ini Raja Youtuber Dunia! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ryan Kaji, dalang di balik Ryan ToysReview , menghasilkan US$22 juta pendapatan dalam satu tahun dari platform-nya, berdasarkan laporan Forbes yang terbaru..
  • Sabtu, 26 Maret 2016 - 03:52:57 WIB

    PKK bukan Tempat Arisan dan Pengajian

    PKK bukan Tempat Arisan dan Pengajian SAWAHLUNTO, HALUAN — Gerakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) bukan tempat arisan dan pengajian ibu-ibu saja, tetapi merupakan wadah pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk mewujudkan keluarga sehat, mandiri dan .
  • Jumat, 15 Januari 2016 - 02:49:27 WIB

    Masalah Bukan untuk Dihindari

    Apakah Anda saat ini se­dang menghadapi masalah? Jika iya, bagaimana cara Anda menghadapinya? Ma­salah pasti akan selalu ada selama kita masih hidup di dunia. .
  • Jumat, 08 Januari 2016 - 02:40:40 WIB

    Cukup Makanan Bukan Berarti Bebas Gizi Buruk

    Cukup Makanan Bukan Berarti Bebas Gizi Buruk PADANG, HALUAN — Selama ini gizi buruk kerap dikaitkan dengan keluarga yang tidak mampu memenuhi asupan makanan untuk anaknya. Padahal, anak dengan makan dan minum yang cukup dan cenderung ber­lebihan, juga dalam ancaman g.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM