Tegas! Bupati 'Halau' Kapal Pesiar Australia Masuk Kobar Kalteng


Selasa, 17 Maret 2020 - 09:28:41 WIB
Tegas! Bupati 'Halau' Kapal Pesiar Australia Masuk Kobar Kalteng Foto: Ilustrasi (Fauzan Kamil/detikcom)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) menolak kedatangan kapal pesiar dari Australia yang berisi rombongan wisatawan. Penolakan itu untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Itu sepenuhnya kebijakan Bupati Kobar. Ini untuk mencegah hal yang tak diinginkan terkait penyebaran Corona," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kalteng Yulindra Dedi saat dihubungi, Selasa (17/3/2020).

Kapal pesiar Australia itu berisi 44 penumpang dan sekitar 35 orang kru. Kapal semula dijadwalkan masuk ke Kumai pada Senin-Selasa (16-17/3) hari ini.

"Sudah rapat Jumat kemarin dengan KPOP, bupati, agen travel, disepakati ditunda dulu kunjungan kapalnya," ujarnya.

Rombongan wisatawan asing itu ingin Taman Nasional Tanjung Puting di Kobar. Dedi mengatakan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran juga menyerahkan kebijakan itu kepada Pemkab Kobar.

"Agen travel dilibatkan juga di rapat bersama-sama memahami lah. Sudah kita laporkan juga ke Pak Gubernur, beliau prinsipnya menyerahkan ke pimpinan daerah untuk kebaikan semua," ujarnya.

Selain itu, Dedi mengaku belum mengetahui di mana posisi kapal pesiar Australia itu kini setelah kedatangannya ke Kalteng ditolak.

"Kurang tahu posisi sekarang, apakah kembali atau kemana saya belum dapat info lagi dari KSOP," tuturnya. (*)

Editor : Milna | Sumber : Detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]