Simpan Sabu di Bemper Mobil, Warga Kinali Ini Diciduk Polisi di Pasaman


Selasa, 17 Maret 2020 - 16:20:15 WIB
Simpan Sabu di Bemper Mobil, Warga Kinali Ini Diciduk Polisi di Pasaman Tersangka bersama BB Sabu diamankan di Mapolres Pasaman.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Satu paket besar Sabu dan seorang pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika, Fernando Holmes Tambunan (42), berhasil diamankan Jajaran Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Pasaman, Selasa (17/3) pukul 02.30 WIB.

Warga Padang Rajo, Jorong IV Koto Barat, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Pasaman Barat, diamankan petugas di jalan lintas Sumatera Medan - Bukittinggi, tepatnya di depan SPBU Pertamina Sawah Panjang, Jorong Rumah Nan XXX,  Nagari Aia Manggih, Kecamatan Lubuksikaping.

Menariknya, barang haram jenis sabu itu disimpan pelaku di plank besi bagian depan mobil jenis Toyota Calya, warna merah dengan nomor polisi BA 1014 SB, bak difilm-film, untuk mengelabui pemeriksaan polisi.

Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya melalui Kasatres Narkoba Iptu Syafri Munir mengatakan, penangkapan terhadap pelaku berawal dari informasi yang dikumpulkan oleh anggota Satres Narkoba, bahwa akan ada yang membawa narkotika jenis sabu ke wilayah tersebut.

"Dia, kita tangkap setelah dilakukan pengintaian terhadap pelaku, mulai dari wilayah Rao sampai ke Lubuksikaping, sekitar pukul 01.30 WIB siang tadi," ungkap Munir.

Dikatakan, polisi mengetahui pelaku adalah incarannya sewaktu berada di SPBU Pertamina Kauman, Rao Selatan. Sekitar 60 Km dari TKP. Itu pun, setelah petugas melihat mobil dan ciri ciri pelaku, identik, sebagaimana informasi yang diterima pihaknya.

"Ditambah pula dengan gelagat sopir yang mencurigakan, sehingga anggota Sat Resnarkoba mengikuti mobil tersebut dari arah belakang menuju Kecamatan Lubuk Sikaping," ujarnya.

Dijelaskan Iptu Syafri Munir, pelaku diciduk petugas setelah sampai di Lubuksikaping, depan SPBU Sawah Panjang. Dengan cara melakukan penyetopan terhadap mobil pelaku. Isi mobil beserta sopir pun diperiksa.

"Awalnya petugas hanya menemukan satu unit timbangan digital warna silver.  Selanjutnya anggota melakukan pemeriksaan pada bagian bagian mobil. Lalu, petugas melihat plank besi bagian depan bemper mobil tutupnya seperti sudah dibuka," katanya.

Setelah dilakukan pengecekan, ternyata petugas menemukan adanya bungkusan lakban warna hitam dalam plank bemper tersebut. Kepada petugas, tersangka mengakui bahwa paket tersebut adalah narkotika jenis Sabu.

"Paket narkotika jenis sabu tersebut diakui sendiri oleh tersangka, bahwa dia yang menyimpannya di dalam plank besi mobil. Selanjutnya tersangka beserta barang bukti dibawa ke Mapolres Pasaman guna proses penyidikan selanjutnya," ujarnya. (h/*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM