Cara Self-Isolation Corona: Pakai Masker-Jaga Jarak dengan Keluarga


Selasa, 17 Maret 2020 - 16:52:08 WIB
Cara Self-Isolation Corona: Pakai Masker-Jaga Jarak dengan Keluarga Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah meminta warga yang mengalami gejala ringan virus Corona, meski belum tentu positif terjangkit Corona, agar melakukan isolasi mandiri (self isolation). Berikut adalah ketentuan self isolation yang disampaikan pemerintah.

"Isolasi di rumah bukan sesuatu yang sulit, namun membutuhkan komitmen yang kuat. Bukan hanya (komitmen) pasien, tapi juga keluarga," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto (Yuri), lewat siaran langsung lewat akun YouTube BNPB Indonesia, Selasa (17/3/2020).

Dia mengatakan , ketentuan isolasi mandiri sudah disosialisasikan ke masyarakat. Masyarakat tidak perlu khawatir dengan cara isolasi mandiri.

Berikut adalah cara self isolation yang disampaikan Yuri:

1. Gunakan masker selama isolasi mandiri
2. Jaga jarak (social distancing) dengan seluruh anggota keluarga
3. Tidak menggunakan alat makan dan minum bersama
4. Istirahat yang cukup
5. Mengonsumsi asupan gizi yang cukup
6. Disarankan tidur dalam kamar terpisah dengan anggota keluarga yang lain, namun cara ini tidak mutlak harus dilakukan

Hingga saat ini, sudah ada 172 kasus positif Corona di Indonesia. Daerah terbanyak yang memuat kasus positif COVID-19 adalah DKI Jakarta.

Ada 109 rumah sakit milik TNI, 53 rumah sakit milik Polri, dan 65 rumah sakit milik BUMN yan gsiap melaksanakn perawatan penderita COVID-19. (*)

 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 06:49:47 WIB

    Mengenal Kanker Tenggorokan: Gejala, Jenis, hingga Cara Mencegah

    Mengenal Kanker Tenggorokan: Gejala, Jenis, hingga Cara Mencegah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kanker tenggorokan adalah tumor ganas yang berkembang di tenggorokan (faring), kotak suara (laring) atau amandel. Tenggorokan sendiri merupakan tabung berotot yang dimulai dari belakang hidung hin.
  • Senin, 23 Maret 2020 - 19:40:59 WIB

    Pasar Tutup dan Tak Ada Tukang Sayur, Ini Cara Dapatkan Bahan Segar

    Pasar Tutup dan Tak Ada Tukang Sayur, Ini Cara Dapatkan Bahan Segar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Beberapa penjual sayur dan pasar tradisional mulai mengurangi aktivitas. Lalu bagaimana supaya kebutuhan bahan segar bisa tercukupi?.
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 08:06:44 WIB

    10 Cara Tradisional untuk Atasi Batuk Kering

    10 Cara Tradisional untuk Atasi Batuk Kering JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Batuk merupakan masalah yang bisa sangat mengganggumu dan juga menakutkan bagi orang lain. Pada kondisi rentan infeksi seperti saat ini, ketika kamu batuk maka akan muncul ketakutan baik dalam dir.
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 17:02:19 WIB

    Cara Cegah Penularan Virus Corona Saat Bayar Tunai di SPBU

    Cara Cegah Penularan Virus Corona Saat Bayar Tunai di SPBU JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sebagian besar transaksi saat pengisian bahan bakar di Stasiun Pengisian Bahan Umum (SPBU) menggunakan uang tunai yang berisiko terjadi penularan virus corona (Covid-19). Risiko itu bisa dikurangi .
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 19:53:37 WIB

    Ternyata Ini Lho Cara Sistem Kekebalan Tubuh Lawan Virus Corona!

    Ternyata Ini Lho Cara Sistem Kekebalan Tubuh Lawan Virus Corona! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Beauty, baru-baru ini tersiar kabar kalau sejumlah peneliti di Australia berhasil memecahkan 'teka-teki' bagaimana sistem kekebalan atau imun tubuh manusia melawan virus Corona. Pandemi global yang.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM