Sikapi Virus Corona, Wisuda UIN IB Padang Terancam Ditunda


Selasa, 17 Maret 2020 - 17:48:49 WIB
Sikapi Virus Corona, Wisuda UIN IB Padang Terancam Ditunda Suasana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang mengeluarkan kebijakan, berupa surat edaran, agar mahasiswa mulai dari program S1, S2, dan S3 agar proses belajar mengajarnya, dialihkan dari kampus ke rumah.

Menurut rektor UIN IB Padang, Eka Putra Wirman, hal ini sesuai dengan surat edaran dari Dirjen Pendidikan Kementerian Agama (Kemenag) RI. Atas keluarnya surat edaran pada 16 Maret 2020, maka kampus UIN IB Padang, juga mengeluarkan surat edaran terbaru, agar perkuliahan dilakukan di rumah dengan sistem one line.

Tak hanya itu, kata Eka, semua unit di kampus UIN IB Padang dibersihkan dengan bergotong royong, termasuk masjid kampus. Sehingganya sholat dilakukan dilantai, sedangkan karpet digulung, hal ini instruksi dari Menteri Agama (Menag) RI.

"Untuk staf dan dosen tetap hadir dan mengisi absensi secara manual, kedepannya akan mengupayakan absensi secara air prin," ujar Eka, Selasa (16/3/2020).

Lebih lanjut, kata Eka, kebijakkan lainnya yang diambil oleh kampus UIN IB Padang adalah, penambahan hand shop (sabun pencuci tangan), dan juga penambahan alat pengukur suhu tubuh.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini dapat, menangani penyebaran covid-19," sebut Eka.

Disinggung terkait pelaksanaan wisuda pada bulan April mendatang, pihak kampus masih melihat kondisi. Wisuda 18 April 2020 nanti, jika kondisinya seperti ini, maka akan diundur. "Namun bila telah berakhir maka dilaksanakan sesuai rencana,” tandasnya.

Sementara itu suasana kampus tampak sepi, salah seorang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Suci mengaku, proses belajar saat ini menggunakan media sosial.

”Untuk tugas perkuliahan melalui email, begitu juga tugas-tugas lainnya,” imbuhnya. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM