Pemko Sawahlunto Bentuk Satuan Gugus Tugas dan Posko Siaga Covid-19


Selasa, 17 Maret 2020 - 17:51:20 WIB
Pemko Sawahlunto Bentuk Satuan Gugus Tugas dan Posko Siaga Covid-19 Rakor penanggulangan virus Covid - 19 ditingkat Kota Sawahlunto. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Sawahlunto bentuk tim satuan gugus tugas cegah Corona. Pemko juga sediakan posko krisis center yang dilengkapi alat pendeteksi virus Covid - 19.

"Kita akan gunakan gedung Public Service Centre (PSC) di Sungai Durian sebagai posko krisis center. Posko Siaga Covid lengkap dengan ambulan dan alat pengaman serta membekali petugas kesehatan dengan kompetensi untuk mengenali kasus covid. Selain itu juga kita menyediakan ruang isolasi di RSUD," kata Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Pendudukan dan KB Kota Sawahlunto, Yasril kepada harianhaluan.com , Selasa (17/3/20).

Sebaga antisipasi virus Covid - 19 lanjutnya, akan diberikan sosialisasi kesehatan kepada masyarakat serta bekerjasama dengan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk memantau orang yang telah bepergian keluar negeri dan juga masuk ke kota ini.

"Hingga kini belum ada laporan orang dari luar negeri masuk Sawahlunto. Kalaupun ada akan menjadi daftar orang dalam pemantauan (ODP), dan harus menjalini masa karantina isolasi mandiri semala 14 hari," kata Yasril.

Yasril juga mengungkapkan, masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan seperti demam, batu dan flu agar segera memeriksakannya ke fasikitas keaehatan yang ada. Warga yang sakit juga diharuskan memakai masker.

Yasril mengajak masyarakat Sawahlunto untuk menhalai pola hidup sehat dan bersih, mencuci tangan dengan sabun atau anti septik, jaga jarak dengan orang yang sedang flu atau batuk, hindari tempat keramaian serta tidak sembarangan memgang benda asing di tempat umum.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta saat memimpin Rapat Koordinasi penanggulangan virus Corona, Selasa, 17 Maret 2020 di Balikota setempat menindaklanjuti rapat dengan Gubernur Sumbar menekankan, seluruh elemen yang ada agar meningkatkan kebersihan dan pola hidup sehat dalam upaya melindungi masyarakat mencegah penyebaran Corona.

"Kita jadwalkan gotong royong massal, mulai dari kantor, tempat umum dilingkungan masing masing, termasukrumah ibadah," ujar Walikota.

Deri Asta yang didampingi Wakil Walikota  Zohirin Sayuti, juga meminta semua pihak untuk tidak  terlalu membesar-besarkan masalah ini, sehingga dapat menimbulkan keresahan dan kepanikan.

"Yang terpenting masyarakat untuk menjaga kewaspadaan  terutama dengan pola hidup bersih, sering cuci tangan dengan sabun, konsumsi makanan sehat, karena menjaga daya tahan tubuh tetap kuat adalah langkah utama mencegah infeksi virus corona," katanya. (h/rki)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM