Pemkab Dharmasraya Siapkan Gugus Tugas untuk Antisipasi Corona


Selasa, 17 Maret 2020 - 21:02:59 WIB
Pemkab Dharmasraya Siapkan Gugus Tugas untuk Antisipasi Corona Kantor Bupati Dharmasraya.

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Pemkab Dharmasraya akan bentuk Gugus Tugas Corona yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab), H Adlisman. "Kita menyusun draft pembentukan gugus tugas dalam menghadapi pandemi virus corona," ungkap Juru Bicara Bupati Dharmasraya khusus Corona, dr. Rahmadian. S kepada harianhaluan.com.

Dijelaskannya, gugus tugas tersebut bertugas menerima informasi, pencegahan, sosialisasi serta tindakan apabila ada warga Dharmasraya yang terkena virus corona. Langkah-langkah yang dilakukan, baik pencegahan maupun tindakan yang akan diambil oleh gugus tugas yang terdiri dari stakeholder terkait.

Untuk kelengkapan gugus tugas tersebut, sedang disusun dan diajukan kepada bupati untuk di-SK-kan dalam menjalankan tugasnya. Pada gugus tugas juga akan disiapkan kontak hotline yang bisa dihubungi oleh masyarakat terkait virus Covid-19. Berbagai persiapan juga akan tuntas dalam waktu dekat, seperti RS Sungai Dareh juga akan menyiapkan ruang isolasi yang layak.

"Untuk ruangan yang ada saat ini belum layak dan bupati perintahkan Kepala Dinas PUPR untuk membangun ruangan isolasi yang layak dalam satu pekan ini," imbuhnya.

Bukan hanya RSUD Sungai Dareh saja, di setiap Puskesmas juga dipersiapkan rungan isolasi. Hal ini sangat penting sebagai antisipasi apabila rumah sakit rujukan tidak bisa menampung pasien yang diduga terpapar virus corona. Selain itu, kata Rahmadian, Bupati juga sudah mengimbau kepada OPD agar tidak melakukan perjalanan dinas ke daerah yang sudah terpapar virus Covid-19. 

"Imbauan sudah ada dan surat edaran juga sudah ada terkait perjalanan dinas keluar daerah. Sedangkan untuk sosialiasi, Bupati mengajak masyarakat melaksanakan pola hidup sehat, seperti cuci tangan pakai sabun, membersihkan rumah pakai pembersih minimal deterjen atau pembersih lantai," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Maryadi /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]