20 Orang Pelaku Ilegal Mining Ditangkap di Sijunjung


Selasa, 17 Maret 2020 - 22:08:24 WIB
20 Orang Pelaku Ilegal Mining Ditangkap di Sijunjung Pelaku ilegal mining di Sijunjung yang diamankan Polda Sumbar.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Polda Sumbar mengamankan 20 orang diduga terkait melakukan tindak pidana ilegal mining di wilayah Kabupaten Sijunjung. Ke-20 orang pelaku ini diamankan oleh polisi dalam waktu dua hari yakni pada 8 Maret 2020 dan 9 Maret 2020 di dua lokasi berbeda.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto saat menggelar jumpa pers di Mapolda Sumbar, Selasa (17/3/2020) mengatakan, pelaku yang diamankan ini adalah hasil dari Operasi Ilegal Mining Polda Sumbar. "Ada dua lokasi dan semuanya tertangkap tangan saat melakukan penambangan emas tanpa izin," katanya.

Baca Juga : Terduga Gembong 500 Gram Sabu Diciduk Polisi

Ditambahkan Satake, dalam operasi tersebut pihaknya berhasil mengamankan 20 pelaku yang terdiri dari 13 pendulang emas, empat operator alat berat, satu pengurus lokasi dan dua pengurus lapangan. "Ada dua lokasi di Jorong Taratak Malintang, Kenagarian Limo Koto, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung tempat para pelaku ini diamankan," ujarnya.

Selain itu, Polda Sumbar juga mengamankan 14 barang bukti di lokasi pertama dan 10 barang bukti di lokasi kedua saat penangkapan tersebut. Akibat perbuatan tersebut, para pelaku ini terancam Pasal 158 UU No.4 tahun 2009 tentang pertambangan dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp10 miliar. (*)

Baca Juga : Simpan Sabu Dalam Koper, Sepasang Pasutri Dicokok Polisi

Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]