Ikut MUI Pusat, ODP Corona di Sumbar Dibolehkan Salat Jumat di Rumah


Selasa, 17 Maret 2020 - 22:36:05 WIB
Ikut MUI Pusat, ODP Corona di Sumbar Dibolehkan Salat Jumat di Rumah Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa hukum salat Jumat bagi umat Islam di tengah merebaknya virus korona (Covid-19). Dalam fatwa tersebut, umat Islam bisa mengganti salat Jumat dengan salat Zuhur di rumah. Hal tersebut disambut baik oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. 

"Saya sangat setuju itu. Karena, ODP ini kan dalam pantauan apakah dia terpapar virus itu atau tidak. Jadi, fatwa yang dikeluarkan oleh MUI itu sangat tepat. Kita kan tidak pernah tahu, apakah orang itu terjangkit atau tidak. Lalu, dia ikut berjamaah, kemudian jika dia sakit, virusnya tinggal di sajadah atau karpet. Nanti, yang lain menggunakan karpet itu pula dan virusnya menyebar," jelas Gubernur.

Terlebih lagi bagi para orang-orang yang sudah suspect positif Covid-19 ini. Mereka sudah pasti diisolasi dan memang sangat dianjurkan untuk menjalankan ibadahnya di tempat perawatan atau di rumah. Namun, jika masyarakat itu masih dalam kondisi normal, fatwa MUI ini tidak berlaku, bagi laki-laki tentu diwajibkan ke masjid saat salat Jumat. 

"Sejauh ini tidak ada yang positif Corona di Sumbar, hanya suspect saja. Namun, kita sudah melakukan semua prosedur penanganan untuk virus ini sesuai dengan standar WHO," kata Gubernur. 

Sebelumnya, Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Ni'am mengatakan, ketentuan tersebut hanya bagi umat Islam yang berada di wilayah tingkat penyebaran virus korona tinggi. "Di suatu kawasan yang potensi penularannya tinggi atau sangat tinggi berdasarkan ketetapan pihak yang berwenang," ujar Asrorun dalam konfrensi pers di Gedung MUI, Senin (16/3/2020).

Dia menuturkan, ketentuan ini berlaku sampai kondisi kembali normal. Sementara, kawasan yang potensi penularannya rendah berdasarkan ketetapan pemerintah tetap wajib menjalankan kewajiban salat Jumat di masjid. "Namun wajib menjaga diri agar tidak terpapar virus korona seperti tidak kontak fisik langsung, membawa sajadah sendiri dan sering membasuh tangan dengan sabun," ucapnya. (*)

 Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM