Foto Satelit Kuburan Massal Iran di Tengah Pandemi Corona Bikin Curiga


Rabu, 18 Maret 2020 - 07:12:32 WIB
Foto Satelit Kuburan Massal Iran di Tengah Pandemi Corona Bikin Curiga Foto satelit kuburan massal di kota Qom, Iran.

TEHERAN, HARIANHALUAN.COM - Ada yang cukup mengejutkan dari gambar yang ditangkap satelit soal kuburan massal di kota Qom, Iran, beberapa waktu lalu. Gambar tersebut menimbulkan spekulasi bahwa sebenarnya epidemi virus corona di Iran lebih serius daripada yang diakui otoritas.

Foto-foto itu pertama kali diterbitkan oleh New York Times. Tertangkap penggalian bagian baru kuburan di pinggiran utara kota suci Iran pada akhir Februari. Ada dua parit yang digali, dengan total panjang 100 yard (91,4 meter) pada akhir bulan tersebut.

Guardian melaporkan, pada 24 Februari saat parit digali, seorang legislator dari Qom yang terletak 75 mil (120 km) selatan Teheran menuduh Kementerian Kesehatan berbohong tentang skala wabah, dengan mengatakan sudah ada 50 kematian di sana. Sementara saat itu Kementerian mengklaim 'hanya' ada 12 orang meninggal karena COVID-19.

Wakil menteri kesehatan, Iraj Harirchi, mengadakan konferensi pers untuk secara tegas menyangkal tuduhan itu, tetapi berdasarkan rumor yang beredar, ia tampak berkeringat dan batuk ketika melakukannya. Hari berikutnya, Harirchi mengkonfirmasi ia dinyatakan positif Covid-19.

Lebih lanjut, berdasarkan angka kementerian kesehatan terbaru, lebih dari 10.000 orang Iran jatuh sakit karena virus dan 429 meninggal.

Amir Afkhami, yang telah menulis sejarah pengalaman Iran tentang epidemi kolera dalam buku 'A Modern Contagion', mengatakan kuburan massal menambah bobot kecurigaan kalau angka kematian yang sebenarnya jauh lebih tinggi dan masih ditutupi.

"Tidak mengejutkan bagi saya bahwa mereka sekarang mencoba membuat kuburan massal dan berusaha menyembunyikan dampak sebenarnya dari penyakit tersebut," kata Dr Afkhami, seorang profesor di Universitas George Washington.

Ia mengatakan ini dikarenakan adanya pengaruh dari hubungan kedua negara, Iran dan China. Pemerintah Iran disebut tidak membatasi pelancong dari Tiongkok.

Selain itu, kurangnya transparansi dan langkah kuat untuk pencegahan misalnya dengan social distancing atau karantina, khususnya di pusat penyebaran, membuat angka penyebarannya menjadi lebih tinggi.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 06:27:44 WIB

    Gara-gara Foto Seronok, Wanita Ini Jadi Incaran Polisi

    Gara-gara Foto Seronok, Wanita Ini Jadi Incaran Polisi HARIANHALUAN.COM - Ada-ada saja tingkah masyarakat di media sosial. Mulai dari aksi lucu hingga doyan mengunggah foto seronok. Salah satunya seorang wanita asal Kamboja, dirinya membuat warganet heboh lantaran mengupload foto.
  • Senin, 01 Juni 2020 - 19:21:30 WIB

    Viral! Pria Ini Melahirkan Anak Ketiga, Bagikan Foto-foto Persalinan

    Viral! Pria Ini Melahirkan Anak Ketiga, Bagikan Foto-foto Persalinan HARIANHALUAN.COM - Momen melahirkan anak merupakan salah satu saat-saat yang berkesan dalam hidup. Demi merayakan kelahiran anak ketiganya, seorang pria sekaligus transgender bernama Yuval Topper-Erez pun membagikan foto-foto.
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 09:20:40 WIB

    Bikin Heboh! Foto Citra Satelit Buktikan China dan India Bakal Perang

    Bikin Heboh! Foto Citra Satelit Buktikan China dan India Bakal Perang HARIANHALUAN.COM -- Sebuah foto citra satelit menunjukkan aktivitas personel militer China dan India, di sepanjang Garis Kontrol Aktual (LAC) yang memisahkan kedua negara. Foto ini kian menegaskan bahwa kedua negara kemungkin.
  • Selasa, 28 April 2020 - 19:47:28 WIB

    Diambil Tahun 1946, Ini Foto Pertama Bumi dari Luar Angkasa

    Diambil Tahun 1946, Ini Foto Pertama Bumi dari Luar Angkasa JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Roket White Sands yang diterbangkan tahun 1946 menjadi roket pertama dalam sejarah astronomi yang diterbangkan ke luar angkasa dengan tugas untuk mengambil foto Bumi. Foto tersebut yang lalu menjad.
  • Ahad, 26 April 2020 - 12:45:45 WIB

    Waduh! Foto Jenazah Kim Jong Un Makin Tersebar di Media Sosial

    Waduh! Foto Jenazah Kim Jong Un Makin Tersebar di Media Sosial PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kabar mangkatnya Presiden Korea Utara Kim Jong Un (36) kian santer beredar di akun media sosial tujuh jam terakhir. Di akun media sosial lainnya, Deepayan Sinha #StayHomeStaySafe @sdeepayan juga .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]