20 Klub Ikuti Turnamen Bertajuk PBSI Sawahlunto Cup I


Rabu, 18 Maret 2020 - 12:32:46 WIB
20 Klub Ikuti Turnamen Bertajuk PBSI Sawahlunto Cup I Penyerahan piala bergilir PBS Cup I dari Walikota Sawahlunto kepada Ketua PBSI, Riyanda. Foto/RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 20 tim bulutangkis dari klub-klub dibawah naungan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kota Sawahlunto ikuti turnamen PBSI Sawahlunto Cup I. Turnamen yang dibuka secara resmi Walikota Sawahlunto itu memperebutkan tropi bergilir dan uang pembinaan, 16-21 Maret 2020 di Hall UPO.

Ketua PBSI Kota Sawahlunto, Riyanda Putra mengatakan, turnamen perdana ini sebagai langkah awal menggairahkan pebulutangkisan di Sawahlunto, sehingga dapat menghasilkan atlit-atlit potensial.

"Kami sangat butuh dukungan dan kejasama dari seluruh PB yang ada, sehingga bulutangkis Sawahlunto mampu mendulang prestasi terbaik," ujarnya.

Disinggung terkait Porprov, Riyanda mengungkapkan, cabor bulutangkis berupaya mempertahankan prestasi yang didapat pada Porprov sebelumnya.

"Pada Porprov Padang Pariaman 2018 lalu, mampu mempersembahkan 1 medali emas bagi Sawahlunto. Tentu ini akan menjadi tantangan berat untuk dapat mempertahankannya dan juga memperbaiki prestasi yang didapat," katanya.

Ketua umum PBSI Provinsi Sumatera Barat, Alfriadi didampingi Sekretaris Umum, Doni dalam kesempatan itu menyatakan apresiasi pelaksanaan turnamen PBSI Sawahlunto Cup I itu. Sebagai cabang olahraga kedua terbesar digemari masyarakat setelah sepakbola. Untuk itu sebutnya, unsur pembinaan dan juga ajang ajang kejuaraan harus terus ditingkatkan.

"Kita kembali akan menghidupkan Pelatda yang dumulai dari daerah, sehingga muncul atlit berprestasi dan tidak kasak kusuk ketika akan Porprov baru mencari atlit. Kita juga akan upayakan cabang bulutangkis lolos PON, sebab sudah lama dirindukan, jujur kita masih kalah dengan daerah tetangga Riau, Jambi dan Palembang," tuturnya.

Sementara Walikota Sawahlunto, Deri Asta mengatakan, ini merupakan ajang silaturahmi antar PB yang ada sekaligus untuk mencari bibit baru. Walikota berharap, cabang bulutangkis dapat mengangkat nama daerah terutama diajang Porprov, Porwil maupun PON.

"Untuk mencapai hal itu tentu butuh banyak pengorbanan terutama dalam pembinaan. Harapan tersebut tertumpang kepada semangat pengurus PBSI yang baru," katanya. (*)

Reporter : Riki Yuherman | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]