Waspada Ya! Pemilik Golongan Darah A Rentan Terinfeksi Virus Corona


Rabu, 18 Maret 2020 - 12:52:34 WIB
Waspada Ya! Pemilik Golongan Darah A Rentan Terinfeksi Virus Corona Ilustrasi: Orang dengan golongan darah O disebut lebih rentan terhadap COVID-19. Sebaliknya, pemilik golongan darah O diklaim lebih resisten dalam penularan virus corona. (Foto: Safir Makki)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Orang dengan golongan darah A disebut lebih rentan terhadap infeksi virus corona. Sementara mereka pemilik golongan darah O disebut lebih resisten terhadap virus penyebab COVID-19. Hal ini ditemukan dalam sebuah penelitian anyar di China.

Tim peneliti mengambil sampel darah dari lebih 2 ribu pasien positif COVID-19 di Wuhan dan Shenzhen, China. Mereka membandingkan darah pasien terjangkit dengan warga yang berada dalam kondisi sehat.

Mereka menemukan bahwa pasien golongan darah A menunjukkan tingkat infeksi yang lebih tinggi. Mereka juga cenderung mengalami gejala yang lebih parah.

"Orang-orang dengan golongan darah A mungkin perlu secara khusus memperkuat perlindungan pribadi seperti menjaga daya tahan tubuh untuk mengurangi risiko infeksi," tulis peneliti yang dipimpin oleh Wang Xinghuan dari Zhongnan Hospital, dikutip dari CNN, Rabu (18/3/2020).

Pasien dengan golongan darah A juga perlu menerima pengawasan yang lebih ketat dan perawatan yang lebih intensif.

Sebaliknya, orang dengan golongan darah O memiliki risiko yang secara signifikan lebih rendah untuk penyakit menular dibandingkan pemilik golongan darah non-O.

Sayang, penelitian ini tak berhasil mengungkap hubungan antara golongan darah dan risiko COVID-19.

Para peneliti mengatakan bahwa studi ini merupakan awal dari lebih banyak penelitian yang diperlukan. Mereka mengimbau pemerintah dan tenaga kesehatan untuk mempertimbangkan perbedaan golongan darah saat merencanakan langkah-langkah mitigasi atau merawat pasien COVID-19.

Mengomentari hal tersebut, Gao Yingdai, peneliti dari State Key Laboratory of Experimental Haematology mengkritisi sampel penelitian yang terlalu terbatas. 

Gao mengatakan, penelitian dapat dilakukan lagi dengan meningkatkan jumlah sampel yang lebih besar. Apalagi jika mengingat hingga saat ini telah lebih dari 180 ribu orang di dunia terinfeksi virus corona.

Keterbatasan lain dari penelitian ini adalah tak adanya penjelasan yang komprehensif mengenai penemuan tersebut. "Seperti misalnya interaksi molekuler antara virus dan berbagai jenis sel darah merah," ujar Gao.

Golongan darah sendiri ditentukan oleh antigen, senyawa pada permukaan sel darah merah yang dapat memicu respon imun. Ahli biologi Austria, Karl Landstiner menemukan golongan darah utama pada 1901 silam dan menamakannya A, B, AB, dan O. Golongan darah bervariasi dalam suatu populasi.

Alih-alih menelan mentah-mentah penelitian ini, Gao menyarankan masyarakat untuk tidak menanggapi serius hasil penelitian tersebut.

"Jika Anda pemilik golongan darah A, tidak perlu panik. Jika Anda pemilik golongan darah O, bukan berarti Anda benar-benar aman dan tidak memperhatikan pedoman yang berlaku," ujar Gao. (*)

 Sumber : CNN /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 26 Februari 2020 - 09:11:33 WIB

    Wajib Waspada..! Bencana Banjir Bisa Picu Stres Hingga Depresi

    Wajib Waspada..! Bencana Banjir Bisa Picu Stres Hingga Depresi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi menjadi bencana yang cukup mengejutkan pada awal tahun 2020 ini..
  • Ahad, 16 Februari 2020 - 09:02:03 WIB

    Waspada Skullbreaker Challenge, Orang Tua-Guru Jangan Sampai Lengah Awasi Anak

    Waspada Skullbreaker Challenge, Orang Tua-Guru Jangan Sampai Lengah Awasi Anak JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) angkat bicara terkait tantangan 'skullbreaker challenge' yang ramai di media sosial. Ketua KPAI Susanto mengatakan hal itu berbahaya dan meminta para ora.
  • Jumat, 18 Oktober 2019 - 20:18:51 WIB

    Waspada Narkoba Cair di Vape, Ini Cara Mengenalinya

    Waspada Narkoba Cair di Vape, Ini Cara Mengenalinya LIFESTYLE, HARIANHALUAN.COM - Polisi sempat mengamankan artis Vicky Nitinegoro untuk diperiksa karena diduga menyalahgunakan narkoba. Pada akhirnya Vicky dibebaskan karena tidak terbukti. Sementara rekannya, AC, ditahan setel.
  • Sabtu, 21 Mei 2016 - 04:03:07 WIB
    Lebih Tiga Jam, Mudah Berperilaku Negatif

    Waspadai Pola Menonton Anak

    Waspadai Pola Menonton Anak JAKARTA, HALUAN — Was­padalah jika Anda sering membiarkan anak menonton televisi (TV) selama lebih dari tiga jam sehari. Anak yang menonton TV lebih dari tiga jam dipercaya lebih berisiko melakukan perbuatan negatif. Mu­l.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM