DPRD Payakumbuh Tinjau Proyek Pembangunan Gor yang Diduga Bermasalah


Rabu, 18 Maret 2020 - 13:15:00 WIB
DPRD Payakumbuh Tinjau Proyek Pembangunan Gor yang Diduga Bermasalah Ketua Komisi C DPRD Payakumbuh, Ahmad Zifal tengah diwawancarai wartawan di proyek pembangunan GOR Tanjung Pauh. Foto/Zulkifli

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Tiga proyek pembangunan gedung yang diduga bermasalah, karena tidak rampung dikerjakan pihak rekanan sampai batas waktu kontrak yakni, proyek pembangunan Kantor Camat Payakumbuh Utara, proyek pembangunan rehabilitasi berat Gedung Olahraga (GOR) M. Yamin Kubu Gadang dan proyek pembangunan Gedung Sarana dan Prasarana Olah Raga (GOR) tipe B di Kelurahan Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat, ditinjau anggota Komisi B dan C DPRD Kota Payakumbuh, Selasa sore (17/3/2020).

Menurut Ketua Komisi C, Ahmad Zipal, didampingi Ketua Komisi B Maharnis Zul dan koordinator Komisi Armen Faindal dan Wulan Denura menyebutkan, pihak DPRD turun meninjau tiga proyek pembangunan gedung yakni pembangunan Kantor Camat Payakumbuh Utara, pembangunan rehab berat GOR M. Yamin Kubu Gadang dan pembangunan GOR Kelurahan Tanjung Pauh, karena ada laporan dari masyarakat yang mempertanyakan pekerjaan ketiga proyek gedung tersebut tidak rampung sesuai dengan batas waktu pekerjaan.

Diakui Ahmad Zipal, khusus untuk proyek pembangunan kantor Camat Payakumbuh Utara, pekerjaan sudah selesai namun dengan catatan diberi tambahan waktu.

Sedangkan pembangun GOR M. Yamin, setelah ditinjau ke lapangan, pekerjaan yang tidak rampung adalah pekerjaan yang tergolong minor yakni pembangunan 2 unit WC.

“Pekerjaan pembangunan rehab berat GOR M. Yamin bobot pekerjaan hanya rampung 80 persen setelah diberi tambahan waktu 50 hari. Tetapi, tambahan waktu 50 hari kepada rekanan pelaksana, hanya dimanfaatkan 10 hari dan saat ini pihak pemborong tidak ada lagi di lokasi proyek,” ungkap Ahmad Zipal.

Sementara itu terkait proyek pembangun GOR di Kelurahan Tanjung Pauh, ulas Ahmad Zipal, hanya mampu dilaksanakan rekanan pelaksana hanya sekitar 45 persen.

“Khusus untuk proyek pembangunan GOR Tipe B di Kelurahan Tanjung Pauh dengan alokasi anggaran Rp12 Miiar lebih bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2019, sesuai laporan yang diterima anggota Komisi B dan C, bobot pekerjaan sampai batas waktu kontrak dan telah ditambah perpanjangan waktu 50 hari, hanya mampu dikerjakan 45 persen,” ungkap Ahmad Zipal.

Untuk menyikapi keterlambantan pembangunan kedua GOR ini, Komisi B dan C DPRD Payakumbuh akan menggelar rapat kerja dengan OPD terkait.

Kemudian dari rapat kerja Komisi tersebut, ulas Ahmad Zipal, nantinya akan direkomendasikan ke lembaga dan pimpinan DPRD melalui rapat paripurna akan menententukan sikap bagaimana kelanjutan pembangunan ketiga pembangunan fisik yang bermasalah ini.

Diakui Ahmad Zipal, terkait adanya informasi bahwa proyek pembangunan GOR ini sedang ditelusuri pihak penegak hukum, pada prinsipnya pihak DPRD sangat memakluminya, karena ada rumor dimasyarakat bahwa proyek pembangunan kedua GOR ini dipertanyakan masyarakat.

“Masyarakat, pemerintah daerah dan termasuk pihak penegak hukum, tentu tidak menghendaki adanya pekerjaan proyek pembangunan bermasalah atau terjadi keterlambatan seperti terjadi pada proyek pembangunan kedua GOR ini,” pungkas Ahmad Zipal.    

Sementara itu Plt. Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Andiko Jumarel, ketika diminta komentarnya terkait tidak selesainya pekerjaan pembangunan GOR Tanjung Pauh mengakui bahwa, telah dilakukan pemutusan kerja terhadap rekanan pelaksana proyek.

“Sesuai dengan kontrak batas waktu pekerjaan sudah berakhir tanggal 19 Februari 2020 dengan bobot proyek hanya 45 persen setelah diberi tambahan waktu pelaksanaan pekerjaan selama 50 hari. Terkait tidak rampungnya pekerjaan, pihak rekanan pelaksana KSO PT. Niagara dengan PT.Vision, diberikan sanksi denda disamping perusahaan tersebut diberi sanksi black list,” pungkas Andiko Jumarel Kadis Perpora setempat. (*)

Reporter : Zulkifli /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 03 April 2020 - 10:40:47 WIB

    Anggota Komisi I DPRD Mentawai Bagi-Bagi Sembako di Padang

    Anggota Komisi I DPRD Mentawai Bagi-Bagi Sembako di Padang MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Anggota Komisi I DPRD Mentawai Maru, SH memberikan bantuan sembako kepada sejumlah Masyarakat Mentawai yang terkurung di Kota Padang akibat dari kebijakan Pemerintah Mentawai yang memberlakukan k.
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 16:52:45 WIB

    Fraksi Karya Pembangunan DPRD Bukittinggi Minta Pemko Ambil Langkah Lokal Lockdown

    Fraksi Karya Pembangunan DPRD Bukittinggi Minta Pemko Ambil Langkah Lokal Lockdown BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Fraksi Karya Pembangunan DPRD Kota Bukittinggi, meminta Pemko Bukittinggi untuk mengambil langkah local Lockdown, untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)..
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 12:16:13 WIB

    Ketua DPRD Mentawai Minta Masyarakat Patuhi Imbauan Pemerintah

    Ketua DPRD Mentawai Minta Masyarakat Patuhi Imbauan Pemerintah MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Semakin merebaknya kasus penyebaran virus corona di Sumatera Barat tidak tertutup kemungkinan virus tersebut juga bisa masuk dan menyebar di Kepulauan Mentawai. Menyikapi hal itu, Ketua DPRD Ment.
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 20:36:32 WIB

    Komisi I DPRD Mentawai Minta Layanan Publik Tetap Jalan

    Komisi I DPRD Mentawai Minta Layanan Publik Tetap Jalan MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Di tengah situasi kesiapsiagaan dan pencegahan penyebaran virus corona, Anggota Komisi I DPRD Mentawai Maru, SH meminta kepada Pemerintah agar terus memberikan pelayan publik kepada masyarakat ya.
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 19:46:56 WIB

    Miris! Anggota DPRD Temukan Bangun SD Rusak Parah di Pelosok Mentawai

    Miris! Anggota DPRD Temukan Bangun SD Rusak Parah di Pelosok Mentawai MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Belum semua wilayah di Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapatkan pelayanan pendidikan yang layak. Salah satunya SD N 17 Simatalu, Dusun Bojo, Kecamatan Siberut Barat, keberadaannya di pelosok dusu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM