Ketua Baznas Pasaman Resmi Disertijabkan


Rabu, 18 Maret 2020 - 13:42:17 WIB
Ketua Baznas Pasaman Resmi Disertijabkan Mantan Ketua Baznas periode 2016-2021, Ust.H.Syafrizal Sf, SIQ, M. MPd, MA, saat menandatangani berita acara serah terima jabatan, disaksikan oleh seluruh pengurus Baznas setempat dan unsur terkait lainnya, Rabu (18/3/2020).

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Jabatan Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pasaman resmi diserah terimakan hari ini, Rabu (18/3/2020), pasca mengundurkan dirinya ketua yang lama, Ust.H.Syafrizal Sf, SIQ, M. MPd, MA, pada Februari 2020.

"Ya benar, pada hari ini saya sudah menyerahkan seluruh tanggung jawab selaku ketua Baznas ke pejabat yang baru, Ustadz Habibullah, yang merupakan tindak lanjut Surat Keputusan Bupati Pasaman nomor 188.45/141/BUP-PAS/2020 tentang penggantian unsur pimpinan pasca pengunduran diri saya selaku ketua BAznas periode 2016 - 2021," ungkap mantan Ketua Baznas daerah itu, Ust.H.Syafrizal Sf, SIQ, M. MPd, MA, di Lubuksikaping.

Hal tersebut, lanjutnya, ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan antara pengurus lama dan pengurus baru, yang dilaksanakan di Kantor Sekretariat Baznas setempat.

Dalam berita acara tersebut, lanjutnya, turut diserahkan uang kas dana zakat mencapai sebesar Rp1,5 miliar lebih per 31 Januari 2019 dan uang kas per tanggal 13 Februari 2020 sebesar Rp890.803.604, dan Rp12.851.929 yang tersimpan dalam rekening di dua bank milik pemerintah.

"Kemudian juga diserahkan aset penerimaan dana zakat berupa Memorandum of Understanding (MoU) program zakat produktif sebesar Rp 458.000.000," jelasnya.

Menurutnya, terhitung sejak tanggal serah terima jabatan tersebut, segala tanggung jawab selaku pimpinan tertinggi Baznas di Kabupaten Pasaman, sudah menjadi kewenangan ketua yang baru.

Ia berharap, pasca penandatanganan berita acara tersebut pihak Baznas bisa segera melakukan pencairan dana bagi calon penerima, setelah sempat terhenti pencairannya sejak akhir tahun lalu, akibat adanya polemik serta tuduhan yang menghantam dirinya yang diduga telah menggelapkan dana umat untuk kepentingan pribadi.

"Saya berserah diri kepada Allah dan terus memohon untuk selalu dibukakan bahwa yang benar itu adalah benar," tegasnya.

Terkait, maraknya pemberitaan yang menyudutkan dirinya selama ini, Buya Syafrizal menegaskan akan mempertimbangkan untuk menempuh jalur hukum dan upaya benar lainnya yang ia lakukan semata-mata hanya ingin menegakkan kebenaran.

"Saya ikhlas mundur dari jabatan untuk menyudahi polemik yang sudah terlanjur tercipta berdasarkan kepentingan oknum yang ingin mengacaukan pembagian zakat umat, semoga setelah ini semuanya akan bisa berjalan kembali seperti sediakala," harapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Pasaman, Azwardi, yang diwakil Kepala Sub Bagian Keagamaan, H Afdal Khatib, menyampaikan ucapan terima kasih atas prestasi ketua Baznas yang lama dalam keaktifannya mewujudkan visi kepala daerah, yakni mewujudkan masyarakat Pasaman yang agamis, sejahtera dan berbudaya.

"Kami berharap ketua yang baru bisa melanjutkan program-program yang sudah bagus itu sebagai program kerja tersebut hingga berakhirnya masa jabatan kepengurusan Baznas Pasaman," pintanya. (*)

loading...
Reporter : Rully /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]