Cegah Virus Corona, Bupati Pessel Serukan Agar Tak Ada Kegiatan Keramaian


Rabu, 18 Maret 2020 - 15:27:08 WIB
Cegah Virus Corona, Bupati Pessel Serukan Agar Tak Ada Kegiatan Keramaian Bupati Hendrajoni didampingi Sekda Pessel Erizon dan sejumlah pejabat terkait lainnya saat melakukan jumpa pers terkait upaya pencegahan Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan, kemarin.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Langkah kongkrit dan upaya pencegahan Covid-19 terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. Bahkan, Bupati Pessel, Hendrajoni menyerukan kepada seluruh pejabat dan masyarakat di daerah setempat agar mengurangi kegiatan yang sifatnya menghadirkan keramaian (massa).

"Kurangi kegiatan yang bersifat umum atau mengumpulkan massa. Jika memang penting, lakukan pendekatan secara selektif dan tertutup," kata Hendrajoni di Painan, Rabu (18/3/2020).

Ia menghimbau, agar seluruh masyarakat di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu, selalu meningkatkan kewaspadaan diri dengan berperilaku hidup bersih dan sehat.

"Jika perlu makanan yang dikonsumsi mengandung vitamin C untuk meningkatkan imun tubuh agar lebih kebal terhadap berbagai penyakit," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga bakal menggratiskan biaya pengobatan sampai sembuh jika ada pasien yang terdampak Covid-19 di daerah itu.

"Hingga kini Pessel masih aman dan kondusif. Sebab, belum ada laporan masyarakat yang positif terpapar Covid-19. Begitupun sekolah belum diliburkan. Namun, kegiatan ekstrakurikuler diluar ruangan kami hentikan untuk sementara waktu," ucapnya.

Pihaknya bersama pejabat terkait dalam waktu dekat bakal melakukan pembersihan di daerah perbatasan. Lokasi yang disasar antara lain, fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet, musalah dan sebagainya. Bahkan, tempat transit bagi pengunjung luar yang pernah disinggahi bakal dilakukan disinfektan.

"Selain itu, kami juga melakukan sosialisasi hingga tingkat bawah dan daerah perbatasan," tuturnya.

Sementara itu, untuk tempat wisata tetap akan dibuka seperti biasa mengingat dampaknya terhadap ekonomi masyarakat. Hanya saja pengawasan terhadap wisatawan lebih diperketat, terutama yang datang dari luar daerah.

Kemudian kepada seluruh tenaga medis dan fasilitas kesehatan seperti, Puskesmas, Pustu, Puskesri dan Rumah Sakit agar melakukan pemantauan intens terhadap masyarakat (ODP). Jika menemukan ciri-ciri yang mengarah ke Covid-19 agar dibawa langsung ke RSUD M.Zein Painan untuk segera dilakukan penanganan lebih lanjut.

"Sementara itu, tugas tim reaksi cepat pencegahan dan penanggulangan Covid-19 adalah, melakukan pendataan, koordinasi, melakukan sinergi dengan pihak terkait, serta memberikan tindakan langsung terhadap orang dengan pantauan," ujarnya. (*)

Reporter : Okis | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]