Perhatikan! Gejala dan Cara Melindungi Diri dari Virus Corona


Rabu, 18 Maret 2020 - 16:34:55 WIB
Perhatikan! Gejala dan Cara Melindungi Diri dari Virus Corona Ilustrasi virus corona/COVID-19. Photo : Freepik/freepik

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kasus virus corona atau COVID-19 semakin meningkat dan sudah menjadi pandemi global. Seringkali, pasien yang dinyatakan positif tidak menunjukkan gejala di awal. Lantas, bagaimana cara mengenali gejala tersebut?

Menurut hasil penelitian terbaru, gejala-gejala penyakit COVID-19, mulai terlihat lima hari setelah terinfeksi. Studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine, menganalisis 50 provinsi, wilayah dan negara di luar Wuhan, China. 

Tim AS menemukan bahwa jika kamu tidak mendapatkan gejala pada hari ke-12, kemungkinan kamu tidak akan mengalami gejala apapun. Namun, seseorang masih bisa menjadi pembawa infeksi dan membuat orang lain sakit. Inilah sebabnya mengapa para peneliti menasihati mereka yang bisa menularkan untuk mengisolasi diri selama 14 hari.

Dilansir dari Viva.co.id, Rabu (18/3/2020), tiga gejala yang harus diperhatikan adalah batuk, demam tinggi dan sesak napas. Virus corona menginfeksi paru-paru dan gejalanya mungkin dimulai dengan demam diikuti oleh batuk kering, yang dapat menyebabkan masalah pernapasan. 

Jika kamu benar-benar menunjukkan gejalanya, itu belum berarti kamu menderita COVID-19. Hal itu dikarenakan gejala-gejalanya mirip dengan penyakit lain, seperti pilek dan flu. Kebanyakan orang yang menderita masalah pernapasan dapat sembuh. 

Mereka yang memiliki gejala ringan dapat pulih dalam beberapa hari, tetapi bagi orang-orang yang menderita radang paru-paru, bisa memakan waktu hingga beberapa minggu atau bulan. Angka kematiannya tergolong rendah, yaitu 1-2 persen. 

Cara terbaik untuk melindungi diri sendiri dan membantu mencegah infeksi adalah dengan melakukan hal-hal sebagai berikut:

- Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air, lakukan setidaknya selama 20 detik. 

- Selalu cuci tangan saat pulang beraktivitas atau bekerja. 

- Gunakan hand sanitizer jika sabun dan air tidak tersedia. 

- Tutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan baju (bukan tangan) ketika kamu bersin dan batuk. 
- Buang tisu bekas langsung di tempat sampah dan cuci tangan sesudahnya.

- Cobalah untuk menghindari kontak dekat dengan orang-orang yang sedang sakit.

- Jangan menyentuh mata, hidung, atau mulut jika tangan kamu tidak bersih. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]