Ingin Aki Motor Jadi Tahan Lama? Begini Tipsnya


Rabu, 18 Maret 2020 - 17:47:02 WIB
Ingin Aki Motor Jadi Tahan Lama? Begini Tipsnya Ilustrasi toko aki

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sebagian komponen pada sepeda motor memiliki masa pakai. Ada yang harus diganti secara berkala, ada juga yang habis akibat pemakaian. Artinya, jika jarang digunakan, maka waktu pergantiannya juga lebih lama dari standar.

Salah satu komponen yang dimaksud, yakni aki. Benda ini berfungsi sebagai penyimpan arus listrik, yang dihasilkan dari dinamo. Listrik dipakai untuk kebutuhan penerangan, hingga injeksi dan sensor mesin.

Tanpa adanya aki, motor memang masih bisa digunakan. Tapi, beberapa fiturnya tidak berfungsi maksimal. Itu sebabnya, sebaiknya aki diganti jika sudah mulai menunjukkan tanda-tanda rusak.

Dilansir dari Viva.co.id, Rabu (18/3/2020), ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik motor, untuk memilih aki yang cocok dan awet.

Pertama, sesuaikan kapasitas aki dengan kebutuhan motor. Jangan pasang yang kapasitasnya besar, karena waktu pengisiannya bakal lebih lama.

Lalu, perhatikan tanggal produksi aki. Aki motor berkualitas mempunyai umur kurang dari enam bulan terhitung sejak tanggal produksinya.

Terakhir, hindari terjebak dengan persepsi umum bahwa mutu suatu produk hanya berdasarkan harganya. Aki motor yang dibanderol dengan harga mahal, tidak selalu memiliki kualitas yang lebih baik. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM