Meski Corona Mewabah, Aktivitas Jual Beli Pasar Ibuh Terpantau Normal


Rabu, 18 Maret 2020 - 18:43:59 WIB
Meski Corona Mewabah, Aktivitas Jual Beli Pasar Ibuh Terpantau Normal Suasana Pasar tradisional Ibuh tetap seperti biasa, selalu ramai, walau dikabarkan sudah ada yang menjadi korban virus Corona. Foto/Zulkifli

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Suasana ramai pasar tradisional Ibuh Payakumbuh, tidak mengalami perubahan yang signifikan dengan adanya kasus virus Corona.

Hal itu terlihat dari pantauan Haluan.Com, Rabu (18/3/2020) siang beberapa kios pedagang di blok Timur dan Barat, utamanya di pasar penampungan banyak masyarakat yang berbelanja kebutuhan harian dan kebutuhan warungnya. Sedangkan di sore harinya aktivitas jual beli tetap ramai di blok barat (pasar kaget).

Kendati pemerintah sudah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19), kegiatan jual beli di pusat Kota Payakumbuh itu tampak seperti biasa-biasa saja, artinya masyarakat tidak panik dengan hal tersebut, meskipun mereka tentu takut tertular dengan virus ini.

Salah seorang pengunjung pasar Ibuh Barat, Susi (40) mengatakan, walau khawatir dengan virus Corona, namun dapur tetap berasap, artinya tetap memsak untuk keluarga.

"Berdasarkan pantauannya, warga kota dan sekitarnya tetap ramai belanja ke pasar Ibuh dari pagi hingga sore bahkan sampai hampir Magrib," ujarnya.

Seperti diketahui, pada Minggu (15/3/2020) malam juga instansi terkait telah melakukan langkah antisipatif dengan menyemprotkan cairan disinfektan di lokasi pasar tradisional Ibuh.

Pedagang di Blok Timur menyebut, perubahan yang terjadi akibat adanya Virus Corona ini tidak begitu signifikan sekali, meskipun ada beberapa pedagang juga yang mengaitkan sepi jual beli dagangannya dengan kasus corona, namun secara umum kondisi jual beli masih normal.

Ketika ditanyakan efek dari adanya Virus Corona ini tidak banyak mempengaruhi aktifitas di pasar, jam-jam pagi sampai petang orang masih ramai belanja di blok timur. "Dan jam-jam siang sampai sore itu banyak di Blok Timur, di asar kaget," kata salahsatu pedagang ikan di Blok Barat yang enggan disebut jatidirinya.

Sementara itu, Des, pedagang cabe di blok Timur menyebut yang terlihat berubah yakninya jam beli masyarakat. "Para pelanggan kita kebiasaannya untuk berbelanja saja yang berubah," katanya.

Sementara itu, Kabid Pasar Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh, Arnel saat diwawancara mengatakan, Kota Payakumbuh adalah kota sehat Swastisaba 6 kali berturut-turut, dan Pasar Ibuh adalah pasar sehat percontohan nasional.

"Dari sarana dan prasarana sudah dilengkapi, masalah cuci tangan dan wastafel sudah ada. "Kita juga memiliki pokja pasar sehat yang isinya perwakilan kelompok pedagang terkait masalah kesehatan dibawah binaan Dinas Koperasi dan UKM bersama Dinas Kesehatan," kata Arnel.

Arnel menyebut, meski banyak gonjang-ganjing corona di nasional, di Payakumbuh tidak begitu berpengaruh karena dari segi ketahanan, Pasar Ibuh Payakumbuh kuat karena di pasar juga punya klinik kesehatan.

Kendati begitu, Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh Bidang Pasar juga tetap menyebarkan selebaran himbauan terkait kesiapsiagaan menghadapi Virus Corona.

Dinas juga rajin melakukan penyemprotan rutin sekali sebulan, tidak hanya karena virus corona, hal ini berkat kerjasama antara Dinas Koperasi dan UKM bersama Damkar dan Dinas Kesehatan.

"Lagian yang belanja disini adalah warga sekitar, kebanyakan itu-itu saja pelanggannya, kita bukan pasar wisata, kalau itu mungkin resiko penularannya tinggi," kata Arnel. (*)

Reporter : Zulkifli /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM