Wah, Ternyata Hand Sanitizer Dibuat dari Limbah Sawit?


Rabu, 18 Maret 2020 - 20:37:04 WIB
Wah, Ternyata Hand Sanitizer Dibuat dari Limbah Sawit? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kelangkaan antiseptik pembersih tangan atau hand sanitizer setelah adanya panic buying oleh masyarakat akibat serangan virus corona menjadi masalah baru yang sedang dihadapi Indonesia saat ini.

Untuk meminimalisasi kondisi tersebut, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Kimia membuat hand sanitizer untuk dapat digunakan di lingkungan internal institusi serta dibagikan kepada sekolah-sekolah yang berada di sekitar kawasan LIPI.

Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono, mengatakan bahwa hand sanitizer tersebut dibuat dari formulasi senyawa alkohol, gliserin, dan ditambahkan ekstrak rempah pala dan cengkeh yang sekaligus berfungsi sebagai pengharum dan anti mikroba. Tidak hanya itu, kandungan nano silver konsentrasi rendah juga ditambahkan untuk menambah daya kekuatan anti mikroba. Setiap batch produksi dapat menghasilkan 10 liter hand sanitizer yang dikemas dalam botol ukuran 250 ml dan 100 ml.

Perbedaan hand sanitizer LIPI dengan produk serupa yang beredar di pasaran yakni adanya penggunaan pewangi rempah lokal sehingga tidak menyengat apabila tercium. Hand sanitizer produksi LIPI ini mengandung bioetanol sebagai antiseptik sebanyak 63–65 persen dan nano silver sebagai tambahan antiseptik sebanyak 0,3 persen. Bioetanol yang digunakan dalam campuran produksi hand sanitizer ini merupakan bioetanol generasi dua yang berasal dari limbah tandan kosong kelapa sawit (TKKS).

Agus mengatakan, "Pada bulan Oktober 2019, kita sudah menguji coba pembuatan hand sanitizer LIPI. Awalnya bermula karena Pusat Penelitian Kimia LIPI merupakan pusat unggulan untuk bioetanol generasi dua. Setelah beberapa kali uji coba produksi bioetanol generasi dua dengan bahan baku limbah tandan kosong kelapa sawit, ternyata bioetanol tersebut cocok dan bagus digunakan sebagai bahan baku hand sanitizer."

Untuk pembuatan hand sanitizer di Puslit Kimia LIPI ini, mesin yang digunakan cukup sederhana dan dapat di-knock down untuk berbagai skala produksi. (h/*)

 Sumber : Warta Ekonomi /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 11:05:10 WIB

    Wah, Jambu Biji Potensial Pencegah Corona

    Wah, Jambu Biji Potensial Pencegah Corona HEALTH,HARIANHALUAN.COM- Jambu biji mengandung senyawa kandidat potensial yang dapat digunakan untuk menciptakan obat untuk menghambat dan mencegah virus Corona jenis baru atau SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, demikian hasil pen.
  • Sabtu, 29 Februari 2020 - 14:16:54 WIB

    Wah, Pakar Kesehatan Indonesia Sebut Ras Melayu Lebih Kebal Virus Corona

    Wah, Pakar Kesehatan Indonesia Sebut  Ras Melayu Lebih Kebal  Virus Corona HEATLH,HARIANHALUAN.COM--Indonesia dianggap aman dari infeksi virus Corona karena adanya perbedaan ras dengan negara-negara yang telah terinfeksi. Masyarakat Indonesia yang termasuk dalam rumpun ras Melayu dianggap punya rese.
  • Senin, 03 Februari 2020 - 22:09:18 WIB

    Wah, Ilmuwan China Bersumpah Wabah Virus Corona Murni dari Alam

    Wah, Ilmuwan China Bersumpah Wabah Virus Corona  Murni dari Alam BEIJING,HARIANHALUAN.COM-Ilmuwan Institut Virologi Wuhan, Akademi Ilmu Pengetahuan China, Shi Zhengli menegaskan, virus korona murni dari alam..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM