Peduli Petani, Koperasi MDM Gelar Pasar Tani Salingka Kampus


Kamis, 19 Maret 2020 - 11:28:04 WIB
Peduli Petani,  Koperasi MDM Gelar Pasar Tani Salingka Kampus Pasar Tani Salingka Kampus di Kafe Uniang Kamek, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Kota Padang. REL

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Koperasi MDM bekerja sama dengan Koperasi Petani dan Peternak Mandiri (KP2M) dan Koperasi Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Mini, menyelenggarakan Pasar Tani Salingka Kampus pada Rabu 18 Maret 2020 di Kafe Uniang Kamek, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Kota Padang.


Virtuous Setyaka, Koordinator Umum dan Dosen HI Fisip Unand, Rabu (18/3/2020) mengatakan,  secara teknis penyelenggaraannya, Pasar Tani Salingka Kampus oleh Koperasi MDM selain melibatkan para Dosen Aktivis Koperasi MDM, juga masyarakat sekitar, dan tentu saja Mahasiswa yang tertarik untuk bergabung dan terlibat.

Penyelenggaraan Pasar Tani Salingka Kampus ini sudah direncanakan seminggu sebelumnya yang bertujuan untuk menyediakan kebutuhan pangan sehat bagi para konsumen terutama para Dosen dan Tenaga Kependidikan (tendik) di Kampus Unand. 

"Meskipun demikian, ternyata masyarakat sekitar kampus juga ada yang berminat untuk membeli berbagai jenis barang produksi petani, peternak, dan produsen dari salingka kampus tersebut,” imbuhnya.

Menurutnya, selain penyediaan produk pangan sehat, Pasar Tani Salingka Kampus ini juga bertujuan untuk membantu masyarakat salingka kampus dalam memasarkan produk mereka dengan menciptakan pasar barus yang pasokan barang dan jasanya tersedia di komunitas atau masyarakat lokal.

“Semangat yang diusung dalam Pasar Tani Salingka Kampus ini adalah produsen dan konsumen bersepakat untuk saling menyehatkan,” terang Aktivis Koperasi MDM dan Mentor GSC Indonesia ini.

Pasar Tani Salingka Kampus ini selain menjadi langkah taktis untuk pemenuhan kebutuhan pangan sehat dari komunitas lokal atau masyarakat setempat, juga menjadi momentum pentingnya untuk segera berkoperasi.

Dijelaskannya, koperasi yang di dalam penyelenggaraannya terkandung prinsip-prinsip solidaritas dan bergotong royong dengan melibatkan seluruh anggotanya secara aktif dan partisipatif, sesungguhnya juga menjadi tandingan atau alternatif dari sistem ekonomi liberal yang kapitalistik selama ini.

Selain itu, penyelenggara Pasar Tani Salingka Kampus juga sudah mengantisipasi kekhawatiran itu dengan memilih lokasi yang tidak jauh atau kurang dari satu kilometer dari Rumah Sakit Unand yang memang menjadi salah satu rumah sakit rujukan dalam penanganan penyebaran virus corona atau pandemi global Covid-19 di Sumatera Barat. (*)

 Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]