Wabah Corona, Pemerintah Bebaskan Pengusaha Impor Bawang Putih dan Bombay


Kamis, 19 Maret 2020 - 11:36:48 WIB
Wabah Corona,  Pemerintah Bebaskan Pengusaha Impor Bawang Putih dan Bombay ilustrasi

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Pemerintah membebaskan perizinan impor untuk komoditas bawang putih dan bawang bombay hingga 31 Mei 2020 untuk memperlancar masuknya dua komoditas itu ke Indonesia. 

Importir menyambut baik kebijakan tersebut dan siap melakukan eksekusi impor mulai hari ini.

"Kami sudah siap untuk impor dengan dibebaskannya izin. Kami siap melaksakanan untuk menjaga stabilisasi harga pangan nasional," kata Ketua Perkumpulan Pengusaha Bawang Nusantara (PPBN), Mulyadi, , Kamis (19/3).

Mulyadi menyampaikan apresiasi kepada pemerintah di tengah situasi dalam negeri yang kurang kondusif saat ini. Ia mengatakan, dengan dibebaskannya Surat Persetujuan Impor (SPI) dari Kementerian Perdagangan, maka otomatis Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) dari Kemeneterian Pertanian sebagai syarat mendapatkan SPI juga dihilangkan.

Menurutnya, baik pasar tradisional maupun ritel modern sangat membutuhkan tambahan pasokan bawang putih maupun bawang bombay lantaran kelangkaan sudah terjadi. PPBN, kata dia, akan mulai mempelajari kebijakan pemerintah dan siap melakukan koordinasi lanjutan untuk melakukan importasi.

"Dibebaskannya izin sementara ini, saya dan teman-teman pengusaha yakin harga menjelang bulan puasa dan di tengah kepanikan virus corona akan stabil," ujarnya.

Soal situasi dan kondisi pengiriman barang antar negara, Mulyadi mengatakan masih belum terdapat gangguan. Bawang putih dan bawang bombay juga tidak menjadi perantaran penularan Covid-19. Ia mengatakan, eksportir bawang putih di Cina dan bawang bombay di India akan memastikan keamanan produk sebelum dikirim.

Setelah tiba di Indonesia selanjutnya melalui tahapan proses karantina ketat sehingga pasokan yang dilepas ke masyarakat telah dipastikan unsur kesehatan dan keamanan konsumsinya. Menurut dia, jika seluruh proses lancar, pasokan impor akan masuk secara masif mulai bulan April mendatang.

"Proses pengiriman semuanya kalau berkas lengkap paling tidak 15 sampai 30 hari sudah bisa sampai di Indonesia," ujarnya. (*)

 Sumber : Republika.co.id /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 19:06:29 WIB

    Dampak Wabah Corona, Pasar Aur Kuning Sepi Pembeli

    Dampak Wabah Corona, Pasar Aur Kuning Sepi Pembeli BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Pedagang di Pasar Aur Kuning mulai resah, pasalnya sejak  wabah Covid 19 (virus Corona) merebak di Bukittinggi, omset pedagang di Pasar Aur Kuning sepi pembeli, jangankan untuk membayar cicil.
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 17:28:22 WIB

    Wabah Corona, Begini Ternyata Mekanisme Penundaan Cicilan Kredit

    Wabah Corona, Begini Ternyata Mekanisme Penundaan Cicilan Kredit JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan mekanisme relaksasi kredit atau pembiayaan dilakukan dengan enam cara. Hal ini mengacu pada POJK mengenai penilaian kualitas aset. OJK menjelaskan penentuan.
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 15:49:48 WIB

    Covid-19 Kian Mewabah, UMKM di Pasaman Terkena Dampaknya

    Covid-19 Kian Mewabah, UMKM di Pasaman Terkena Dampaknya PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pandemi Virus Korona, mulai memberikan dampak buruk pada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Pasaman. Jika tidak segera diatasi, sejumlah UMKM akan gulung tikar alias mengal.
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 06:02:50 WIB

    Awas! Debt Collector Dilarang Sita Kendaraan Selama Wabah Corona

    Awas! Debt Collector Dilarang Sita Kendaraan Selama Wabah Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) akan memberikan relaksasi kredit usaha mikro dan usaha kecil untuk nilai di bawah Rp10 miliar dalam kaitannya mengatasi dampak wabah virus Corona ke perekonomian nas.
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 19:05:00 WIB

    BCA Tutup Kantor Cabang Selama Wabah Virus Corona

    BCA Tutup Kantor Cabang Selama Wabah Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memutuskan untuk tidak mengoperasikan lebih dari 30 persen kantor cabangnya di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dalam sementara waktu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM