Penasaran? Ini Perbedaan Wasit Sepakbola dari Sejumlah Negara


Kamis, 19 Maret 2020 - 15:04:38 WIB
Penasaran? Ini Perbedaan Wasit Sepakbola dari Sejumlah Negara Wasit sepak bola

SAO PAULO, HARIANHALUAN.COM – Sebagai pesepakbola, Felipe Melo nyatanya tidak hanya memperhatikan hal-hal taktis dan skill mengolah si kulit bundar. Mantan gelandang Inter Milan itu sejatinya juga memperhatikan kepemimpinan wasit dalam sebuah pertandingan.

Setelah selama bertahun-tahun berkecimpung di dunia sepakbola dan menjalani banyak pertandingan, pada akhirnya Melo pun bisa membedakan karakteristik wasit berdasarkan negara asalnya. Ia menilai wasit dari Inggris, Spanyol, Argentina, dan Brasil memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Baca Juga : Gegara Lonjakan Kasus Covid, Kirab Obor Olimpiade di Osaka berlangsung di Taman dan Tanpa Penonton

Wasit-wasit Inggris disebutnya tidak mudah memberikan kartu kepada pemain. Hal ini terjadi karena pertandingan Liga Inggris lebih menuntut fisik. Sehingga jika ada pemain yang jatuh atau ditekel, wasit Inggris menganggapnya sebagai hal yang wajar.

Kasus berbeda terjadi di Spanyol, karena wasit di sana mudah memberikan kartu kepada pemain. Mungkin hal inilah yang membuat para pemain Barcelona identik dengan diving, karena mereka berusaha membuat pemain lawan mendapat kartu.

Baca Juga : Dukung DBL 2021 Seri Sumbar, Irjen Pol Toni: Prokes harus Diterapkan

“Wasit menghentikan bola Anda di mana-mana, tetapi mereka berbeda. Di Inggris, jika Anda menendang seseorang, penggemar mengatakan 'ooooh' tetapi wasit tidak mempermasalahkan. Tapi tendangan yang sama di Spanyol bisa membuat Anda dikeluarkan,” jelas Melo, seperti dilansir dari Goal, Kamis (19/3/2020).

"Di Brasil, beberapa wasit membiarkannya dan beberapa mengusir Anda pergi dan itu sebabnya saya suka Copa Libertadores. Jika Anda mendapatkan wasit Brasil, Anda bisa diusi,r tetapi dengan wasit Argentina, belum tentu," lanjut Melo.(*)

Baca Juga : Timnas Senior akan Mulai TC 1 Mei di Jakarta

Editor : NOVA | Sumber : okezone
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]