Cegah Corona, ASN di Pessel Tak Lagi Apel Pagi


Kamis, 19 Maret 2020 - 16:01:13 WIB
Cegah Corona, ASN di Pessel Tak Lagi Apel Pagi Sekda Pessel Erizon saat apel pagi di halaman kantor bupati setempat, beberapa waktu lalu.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Guna mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Pesisir Selatan, pemerintah setempat meniadakan kegiatan apel pagi bagi aparatur sipil negara (ASN).

"Ya, seluruh perangkat daerah termasuk camat tidak lagi melaksanakan apel pagi dan apel gabungan yang dilaksanakan pada Senin dan Jumat," ujar Sekda Erizon di Painan, Kamis (19/3).

Ia menyebutkan, ketentuan untuk tidak lagi melaksanakan apel sudah disampaikan kepada seluruh camat melalui surat edaran Bupati Pesisir Selatan, Nomor 100/17/Pem-Otda/III/2020 tanggal 18 Maret 2020.

Surat edaran yang terdiri dari sembilan butir itu, juga memuat ketentuan kepada siswa TK, SD, dan SMP untuk meniadakan kegiatan upacara bendera  dan kegiatan baris berbaris di pagi hari sebelum belajar.

"Selain itu, kepada camat juga di instruksikan agar tidak melakukan kegiatan pengumpulan massa dalam jumlah besar di suatu tempat," ucapnya lagi.

Sebelumnya, menindaklanjuti Surat Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, juga menginstruksikan kepada seluruh pejabat di daerah setempat agar tidak melaksanakan dinas luar dan meniadakan perjalanan dinas yang bersifat konsultasi atau tidak terlalu penting.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat Nomor : 360/172/Kpts/BPT-PS/2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) serta menyikapi perkembangan informasi yang beredar di tengah-tengah masyarakat baik melalui media sosial maupun elektronik, maka bersama ini kami sampaikan kepada saudara sebagai berikut:
 
1. Menghimbau masyarakat agar tidak terlalu panik, gelisah, khawatir dan takut yang berlebihan dengan selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi Infeksi Virus Corona (COVID-19) di kecamatan masing-masing.

2. Memantau perkembangan informasi dengan selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, RSUD M. Zein Painan, RSUD Pratama Tapan, Forkopimca, Pimpinan Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Puskesri dan Polindes untuk selalu standby dan siap siaga dalam melaksanakan kegiatan deteksi, pencegahan, respon dan antisipasi penularan Infeksi Virus Corona (COVID-19).

3. Mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dengan selalu menjaga kesehatan diri dan kebersihan lingkungan termasuk membiasakan cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer setiap selesai bersentuhan, bersalam - salaman dan interaksi langsung.

4. Meniadakan pelaksanaan apel pagi dan apel gabungan setiap hari Senin dan Jum'at dengan tetap menjaga disiplin Aparatur Sipil Negara dalam pemberian pelayanan publik sesuai dengan aturan yang berlaku.

5. Mengurangi dan meniadakan kegiatan yang bersifat mobilisasi atau mengumpulkan pegawai dan masyarakat dalam jumlah yang besar dalam satu lokasi.

6. Khusus di lingkungan sekolah mulai dari TK/RA, SD/MI, dan SMP/MTSN tetap berkoordinasi dengan Kepala Sekolah untuk tidak melakukan kegiatan upacara bendera dan baris - berbaris di halaman sekolah sebelum dimulainya proses belajar mengajar.

7. Untuk tidak mudah percaya dengan berita dan informasi yang belum jelas kebenarannya (hoax) atau dari sumber yang patut di percaya tentang penyebaran Infeksi Virus Corona (COVID-19).

8. Selaku umat yang beragama, untuk selalu meningkatkan ibadah dan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar masyarakat dan daerah Kabupaten Pesisir Selatan terhindar dari musibah penyebaran Infeksi Virus Corona (COVID-19).

9. Menindaklanjuti surat edaran ini kepada Wali Nagari dan instansi terkait lainnya di kecamatan masing-masing serta melaporkan kepada kabupaten pada kesempatan pertama. (*)

Reporter : Okis Mardiansyah /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]