Gegara Corona, Pemko Bukittinggi Semprotkan Disinfektan Sepekan ke Depan


Kamis, 19 Maret 2020 - 17:51:18 WIB
Gegara Corona, Pemko Bukittinggi Semprotkan Disinfektan Sepekan ke Depan Walikota Ramlan Nurmatias bersama Ketua DPRD, melakukan penyemprotan disenfektan di kantor DPRD. Gatot

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Pemko bersama unsur Forkopimda Bukittinggi terus mengoptimalkan penyemprotan disinfektan ke sejumlah fasilitas umum, hingga tempat-tempat keramaian, guna mencegah penyebaran wabah virus Corona (Covid-19).

Penyemprotan disinfektan yang dilakukan sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19  yang melekat pada fasilitas umum tersebut.

“Fasilitas umum dan pusat keramaian berpotensi terjadinya penularan Covid-19. Untuk itu penyemprotan disinfektan  kita optimalkan selama seminggu ke depan,” kata Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, di sela-sela penyemprotan disinfektan di halaman Kantor DPRD Bukittinggi, Kamis (19/3).

Ia mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan bertujuan untuk membunuh kuman dan mencegah penyebaran Covid-19  yang melekat pada seluruh fasilitas umum. Penyemprotan cairan disinfektan secara rutin dinilai  cukup efektif untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Penyemprotan disinfektan  bukan berarti di Bukittinggi sudah ada Covid-19. Tapi upaya ini adalah salah satu bentuk kewaspadaan agar fasilitas umum di Bukittinggi steril dari berbagai bentuk kuman yang menyebabkan penyakit," ucap Ramlan.

Ia menjelaskan,  Pemko bersama Unsur Forkopimda telah mengadakan rapat koordinasi untuk melakukan langkah-langkah preventif untuk antisipasi dan  mewaspadai virus corona ini. Kemudian juga  dibentuk gugus tugas penanganan corona yang melibatkan seluruh pihak. Pemko juga membentuk Posko penanganan corona  di Dinas Kesehatan yang standby 24 jam.

Sebelumnya, kata Ramlan, pemko juga telah mengeluarkan himbauan kepada warga untuk mengurangi kontak fisik atau bersentuhan langsung, seperti berjabat tangan dan bentuk sentuhan lainnya. Setiap SKPD dan masyarakat juga diimbau untuk mengurangi kegiatan yang mengumpulkan massa, dan mengurangi perjalanan ke luar daerah.

“Semua harus aktif melakukan kampanye kewaspadaan terhadap penyebaran Corona. Namun demikian, kita minta kepada warga untuk tidak panik dalam menyikapi virus corona ini. Waspada bukan berarti panik, namun lebih kepada meningkatkan antisipasi,” terang Ramlan.

Untuk itu, ulasnya, pemko bersama unsur forkopimda akan meoptimalkan penyemrotan disinfektan secara menyeluruh dengan mengelilingi kota. “Semua unsur akan bergerak melakukan pencegahan penyebaran virus corona ini. Mencegah lebih baik dari pada mengobati,” tukas Ramlan.

Penyemprotan disinfektan yang dilakukan Pemko Bukittinggi ini juga mendapat apresiasi dari warga dan pengunjung. “Kami sangat mendukung langkah yang diambil Pemko Bukittinggi dalam penanganan Virus Corona ini, meski sampai saat ini kasusnya belum ditemukan di Kota Bukittinggi,” ujar beberapa warga yang menyaksikan penyemprotan disinfektan tersebut.

Menurut mereka, warga mengaku cemas dengan adanya pemberitaan virus corona yang penularnnya begitu cepat. “Kami berterimakasih kepada pemerintah yang cepat tanggap dan memperhatikan keselamatan warganya. Semoga kita semua terlindung dari wabah Corona ini,” ujar Tio. (*)

Reporter : Gatot /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM