Super Kilat! Alat Tes Corona dari China Tiba Hari Ini


Kamis, 19 Maret 2020 - 19:09:29 WIB
Super Kilat! Alat Tes Corona dari China Tiba Hari Ini Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perusahaan pelat merah PT RNI (Persero) mendatangkan alat tes virus corona atau rapid test COVID-19 dari China. Alat itu masuk ke Indonesia hari ini setelah mendapat restu dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Rapid test sudah bisa masuk. Mulai hari ini masuk. Sudah disetujui," katanya Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam teleconference, Kamis (19/3/2020).

Arya mengaku tak tahu secara pasti jumlah alat tes yang masuk. Yang pasti, kata dia, alat itu akan masuk secara bertahap. Kemudian, alat itu akan didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit rujukan pemerintah.

"Penyaluran akan dikirimkan ke rumah sakit-rumah sakit rujukan," tambahnya.

Arya sebelumnya menyatakan, alat ini merupakan alat pendeteksi awal virus corona. Menurutnya, alat ini bisa bekerja dengan cepat dari 15 menit hingga 3 jam. Dia juga menuturkan, rapid test yang akan didatangkan mencapai 500 ribu buah.

"Jadi tes corona namanya rapid test, yang dia bisa hasilnya bisa keluar hanya beberapa menit, 15 menit sampai 3 jam," katanya.

"Kalau bisa rapid test dengan cepat dikasih izin (Kemenkes) permasalahan yang jadi kendala bisa terselesaikan. Walaupun rapid test bukan tes terakhir. Karena kalau dilihat positif bisa melangkah lebih jauh tes lab yang butuh 2 hari itu," paparnya. (h/*)

 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 21:07:16 WIB

    Temukan Super Spreader COVID-19, Gugus Tugas Riau Kritik Rapid Test

    Temukan Super Spreader COVID-19, Gugus Tugas Riau Kritik Rapid Test HARIANHALUAN.COM - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Daerah Riau mengungkapkan tentang ditemukannya super spreader dalam penularan COVID-19. Ini yang diyakini menjadi salah satu pemicu kenaikan kasus positif COVID-19.
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 15:44:44 WIB

    Tito: Mal hingga Supermarket Wajib Batasi Pengunjung Saat New Normal

    Tito: Mal hingga Supermarket Wajib Batasi Pengunjung Saat New Normal HARIANHALUAN.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan pedoman protokol pusat keramaian dalam hal ini pasar, mal, pertokoan selama new normal. Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepm.
  • Kamis, 07 Mei 2020 - 22:26:25 WIB

    Good Bye Supermoon, Sampai Jumpa Tahun Depan

    Good Bye Supermoon, Sampai Jumpa Tahun Depan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- NASA menyampaikan supermoon terakhir tahun 2020 akan muncul di langit pada Kamis (7/5), pukul 6.45 EDT atau pukul 17.45 WIB. Ukuran supermoon diperkirakan 7 persen lebih besar dan 15 persen lebih.
  • Senin, 27 April 2020 - 15:06:13 WIB

    Super Cepat! di Indramayu Salat Tarawih 23 Rakaat Cuma 6 Menit

    Super Cepat! di Indramayu Salat Tarawih 23 Rakaat Cuma 6 Menit JABAR, HARIANHALUAN.COM - Meski ada imbauan agar tidak menggelar Salat Tarawih berjemaah, namun hal tersebut ternyata tidak berpengaruh dengan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Quraniyah di Desa Dukuhjati Keca.
  • Ahad, 19 April 2020 - 08:42:53 WIB

    Cerita Pria yang Terinfeksi Corona Meski Sekali Belanja di Supermarket

    Cerita Pria yang Terinfeksi Corona Meski Sekali Belanja di Supermarket JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Meski virus Corona memang mengkhawatirkan disarankan untuk tidak panik dan bersikap paranoid. Orang-orang yang sehat pun bisa melakukan aktivitas seperti biasa namun tetap waspada dan menjauhi ker.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]