Super Kilat! Alat Tes Corona dari China Tiba Hari Ini


Kamis, 19 Maret 2020 - 19:09:29 WIB
Super Kilat! Alat Tes Corona dari China Tiba Hari Ini Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perusahaan pelat merah PT RNI (Persero) mendatangkan alat tes virus corona atau rapid test COVID-19 dari China. Alat itu masuk ke Indonesia hari ini setelah mendapat restu dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Rapid test sudah bisa masuk. Mulai hari ini masuk. Sudah disetujui," katanya Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam teleconference, Kamis (19/3/2020).

Arya mengaku tak tahu secara pasti jumlah alat tes yang masuk. Yang pasti, kata dia, alat itu akan masuk secara bertahap. Kemudian, alat itu akan didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit rujukan pemerintah.

"Penyaluran akan dikirimkan ke rumah sakit-rumah sakit rujukan," tambahnya.

Arya sebelumnya menyatakan, alat ini merupakan alat pendeteksi awal virus corona. Menurutnya, alat ini bisa bekerja dengan cepat dari 15 menit hingga 3 jam. Dia juga menuturkan, rapid test yang akan didatangkan mencapai 500 ribu buah.

"Jadi tes corona namanya rapid test, yang dia bisa hasilnya bisa keluar hanya beberapa menit, 15 menit sampai 3 jam," katanya.

"Kalau bisa rapid test dengan cepat dikasih izin (Kemenkes) permasalahan yang jadi kendala bisa terselesaikan. Walaupun rapid test bukan tes terakhir. Karena kalau dilihat positif bisa melangkah lebih jauh tes lab yang butuh 2 hari itu," paparnya. (h/*)

 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 09 Maret 2020 - 14:14:11 WIB

    Libur Super Panjang! 12 Hari Libur Berurutan di Bulan Mei 2020

    Libur Super Panjang! 12 Hari Libur Berurutan di Bulan Mei 2020 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah menambah Cuti Bersama 2020. Salah satu dampaknya adalah libur 12 hari berturut-turut di bulan Mei 2020..
  • Kamis, 30 Januari 2020 - 11:49:50 WIB

    Hadiri Imlek Nasional, Jokowi: Shio Saya Kerbau, Sudah Super Kerja Keras

    Hadiri Imlek Nasional, Jokowi: Shio Saya Kerbau, Sudah Super Kerja Keras JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan  sudah super bekerja keras selama ini. Jokowi juga mengaku memiliki shio kerbau dan harus kerja keras di tahun tikus logam..
  • Rabu, 23 Oktober 2019 - 14:42:47 WIB

    Super..! Luhut Bawahi Enam Hingga Tujuh Kementerian

    Super..! Luhut Bawahi Enam Hingga Tujuh Kementerian JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, berdasarkan perubahan nomenklatur, kementeriannya akan mengoordinasikan sekitar enam hingga tujuh kemente.
  • Senin, 11 April 2016 - 04:15:49 WIB
    Demi 20 Ribu Mahasiswa Miskin

    Beasiswa Supersemar Diminta Diaktifkan

    BANDUNG, HALUAN — Keluarga Mahasiswa dan Alumni Penerima Beasiswa Supersemar (KMA-PBS), minta bea­siswa Supesemar dihidupkan lagi. Sejak 2015, sebanyak 20 ribu mahasiswa miskin sudah tak menerima beasiswa yang diberikan se.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM