Dana BOS di Provinsi Riau Sudah Cair, Sumbar Kapan?


Kamis, 19 Maret 2020 - 19:21:41 WIB
Dana BOS di Provinsi Riau Sudah Cair, Sumbar Kapan? Ilustrasi/mediaindonesia

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Hingga kini, dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) untuk tahun 2020 ini belum juga dicairkan oleh pemerintah pusat, akibatnya sekolah yang berada di wilayah Bukittinggi kewalahan mengatasi biaya operasional sekolah, bahkan pihak sekolah berusaha meminjam uang keberbagai pihak agar operasional sekolah tetap berjalan.

Hal tersebut, berbanding terbalik dengan sekolah yang berada di Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Informasi yang diperoleh Haluan menyebutkan pihak sekolah telah menerima dana BOS dari pemerintah pusat pada akhir Februari lalu.

Menanggapi hal itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Wilayah I Bukittinggi, Mardison membenarkan dana BOS untuk Bukittinggi belum cair. Menurutnya, saat ini, dana BOS langsung masuk ke rekening masing masing sekolah dari Kementerian Keuangan RI melalui Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN).

"Karena adanya perubahan pengelolaan (sistem), mungkin saja terjadi kendala, sehingga dana BOS terlambat di transper ke sekolah," kata Madison kepada Haluan melalui saluran selular, Rabu (18/3/2020) sore.

Selain itu tambahnya, secara umum di Sumbar ini, pihak sekolah punya rekening di Bank Daerah (Bank Nagari) sedangkan pemerintah pusat punya rekening di BRI sehingga pengiriman uang ke daerah melalui proses dan memerlukan waktu.

"Bagi sekolah yang punya rekening di BRI, kirimannya sudah masuk, sedangkan sekolah yang punya rekening di Bank Nagari belum masuk. Mudah mudahan dalam waktu dekat ini,,uang tersebut masuk ke rekening sekolah di Bank Nagari," terangnya.

Disamping itu, kendala yang bisa terjadi tentang keakuratan data yang diinput melalui aplikasi Dapodik, jika data yang diinput akurat maka pengiriman dana BOS pasti cepat. 

"Kita mendorong pihak sekolah agar selalu memperbaharui data, sehingga data yang dikirimkan lebih valid," ungkap Mardison mantan Kepsek SMAN 1 Bukittinggi. 

Terpisah, salah seorang Kepala Sekolah di Bukittinggi yang enggan namanya ditulis mengatakan, dengan belum cairnya dana BOS, terpaksa ia menanggulangi biaya operasional sekolah dengan menggunakan uang pribadi.

"Tagihan listrik, air dan internet tentu tidak bisa ditunda pembayarannya. Belum lagi kebutuhan wajib lainnya. Jika tidak dibayar, tentunya akan diputus oleh pihak terkait. Hal ini tentu akan mengganggu PBM disekolah. Oleh sebab itu, Kepala Sekolah terpaksa menggunakan uang pribadi menganggulanginya," katanya.

Pihaknya, hingga saat ini belum mendapat kepastian kapan dana BOS tersebut akan cair. Ia berharap, masalah pencairan dana BOS ini menjadi perhatian pemerintah pusat, sebab setiap awal tahun hal ini selalu terjadi.

"Tentunya tidak semua biaya operasioanal bisa ditanggulangi Kepala Sekolah hingga dana BOS cair. Dengan dana yang ada, beberapa kebutuhan terpaksa ditunda dulu, berakibat tidak maksimalnya pelayanan disekolah," jelasnya.

Ia juga berharap kepada pihak terkait seperti PLN, PDAM dan Telkom, untuk memberikan keringanan kepada sekolah-sekolah dalam membayar tagihan setiap bulannya.

"Kami juga meminta kebijakan khusus kepada pihak PLN, PDAM dan Telkom, agar semua tagihan sekolah- sekolah ditangguhkan dulu sampai dana BOS cair. Kalau BOS cair, tentu semua tagihan akan dilunasi," ungkapnya. (*)

Reporter : Yusril /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 11:04:43 WIB

    Beasiswa Dana Rajawali Siap Disalurkan

    Beasiswa Dana Rajawali Siap Disalurkan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Angin segar untuk dunia pendidikan Sumbar, setelah 11 tahun mengendap di kas Pemerintah Provinsi (Pemprov), Rp86 miliar lebih dana hibah PT Rajawali akhirnya bisa disalurkan sebagai beasiswa untuk s.
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 15:13:59 WIB

    Ada NUPTK? Guru Honorer Bisa Terima Gaji dari Dana BOS

    Ada NUPTK? Guru Honorer Bisa Terima Gaji dari Dana BOS JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah mengupayakan untuk mengalokasikan gaji guru honorer yang bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Idealnya insentif guru honorer dapat menggunakan kelebihan DAU, karena se.
  • Senin, 02 Maret 2020 - 15:07:38 WIB

    Dana SBSN Kembali Digunakan untuk Pembangunan IAIN Batusangkar

    Dana SBSN Kembali Digunakan untuk Pembangunan IAIN Batusangkar TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Untuk kali ketiga Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) membiayai pembangunan gedung di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Kali ini dana SBSN untuk pembangunan auditorium dan pusat .
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 11:31:34 WIB

    Mahasiswa Bisa Dapat Dana Rp6,6 Juta Per Semester, Begini Caranya...

    Mahasiswa Bisa Dapat Dana Rp6,6 Juta Per Semester, Begini Caranya... JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan bantuan dana kuliah lewat Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Ini diberikan kepada para mahasiswa di seluruh pelosok negeri. .
  • Senin, 17 Februari 2020 - 14:10:40 WIB

    Penyaluran Dana BOS Rp9,8 Triliun Dipercepat, Ini Alasannya

    Penyaluran Dana BOS Rp9,8 Triliun Dipercepat, Ini Alasannya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah telah menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah atau dana BOS reguler tahap I pada Februari 2020 sebanyak Rp 9,8 triliun untuk 136.579 sekolah..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM