Perhatian! RI Larang Masuk Pelancong dari 8 Negara Mulai Hari Ini


Jumat, 20 Maret 2020 - 01:26:08 WIB
Perhatian! RI Larang Masuk Pelancong dari 8 Negara Mulai Hari Ini Ilustrasi

JAKARTA, HARIKANHALUAN.COM - Kementerian Luar Negeri RI melarang pelancong dari delapan negara untuk masuk ke wilayah Republik Indonesia mulai hari ini. Kebijakan itu diterapkan guna mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).
Kebijakan itu dimulai pada hari ini dan akan dievaluasi sesuai dengan perkembangan.

"Kebijakan ini akan mulai berlaku pada hari Jumat, tanggal 20 Maret, pukul 00.00 WIB. Kebijakan ini bersifat sementara dan akan dievaluasi sesuai dengan perkembangan," ujar Menlu RI Retno Marsudi dalam keterangan di website resmi Kemlu seperti dilansir dari detikcom, Jumat (20/3/2020).

Kemlu melarang pelancong dari 8 negara masuk ke wilayah RI dalam kurun 14 hari ke depan. Kedelapan negara itu diketahui sebagai negara-negara dengan banyak kasus virus Corona.

"Negara-negara tersebut adalah Iran, Italia, Vatikan, Spanyol, Prancis, Jerman, Swiss, Inggris," kata Retno.

Adapun WNI yang berkunjung ke negara-negara yang disebutkan Retno itu akan menjalani pemeriksaan tambahan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setiba di Tanah Air. Apabila pemeriksaan tambahan menemukan gejala awal COVID-19, akan dilakukan observasi pada fasilitas pemerintah selama 14 hari.

"Apabila tidak ditemukan gejala awal, maka sangat dianjurkan yang bersangkutan melakukan karantina mandiri selama 14 hari," ujar Retno. (h/*)

 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 21:05:27 WIB

    Perhatian! Ini Daftar Kegiatan yang Bakal Ditindak Polisi di Tengah Corona

    Perhatian! Ini Daftar Kegiatan yang Bakal Ditindak Polisi di Tengah Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan maklumat berisi perintah kepada personelnya agar menindak tegas pihak yang membuat kegiatan dan melibatkan banyak orang. Maklumat diterbitkan guna menangkal .
  • Selasa, 17 Maret 2020 - 05:22:26 WIB

    Perhatian! Pemda Harus Siapkan Hotel untuk Karantina Corona

    Perhatian! Pemda Harus Siapkan Hotel untuk Karantina Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah, melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, meminta pemerintah daerah menyiapkan hotel untuk dijadikan tempat karantina bagi pasien yang positif terjangkit virus corona. Perlu d.
  • Kamis, 18 April 2019 - 20:23:14 WIB

    Perhatian! Blackberry Messenger Setop Beroperasi 31 Mei 2019

    Perhatian! Blackberry Messenger Setop Beroperasi 31 Mei 2019 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kasak-kusuk soal masa depan aplikasi perpesanan BBM Messenger di tangan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) terjawab sudah. EMTK akhirnya memutuskan untuk menutup layanan perpesanan ini..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM