Seorang ODP Corona di Sawahlunto Dirujuk ke Padang


Jumat, 20 Maret 2020 - 12:13:13 WIB
Seorang ODP Corona di Sawahlunto Dirujuk ke Padang Pasien suspect saat dibawa ke Posko Penanggulangan Covid-19 Sungai Durian yang selanjutnya dirujuk ke Padang. Riki Yuherman

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesduk KB) Sawahlunto saat ini tengah melakukan pemantauan terhadap enam orang yang telah melakukan perjalanan dari daerah atau negara yang telah terdapat kasus suspect Corona atau virus Covid-19. 

Sedangkan, seorang warga suspect Covid-19 harus dirujuk ke Padang. "Satu orang warga Tumpuk Tangah saat ini harus dirujuk ke Padang, karena suhu tubuh yang tinggi mencapai 39°C. Dan hasil pemeriksaan dokter RSUD Sawahlunto, harus dirujuk," kata Kadinkes, Yasril kepada harianhaluan.com , Jumat (20/3/20).

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

Yasril mengungkapkan, Pasien dalam Pengawasan (PDP) yang dirujuk ini pulang dari Malaysia sekitar 7 hari lalu dan mengeluhkan demam dan mual dan telah dilakukan pemantauan. Namun setelah mengeluhkan demam tinggi dan dilakukan pemeriksaan oleh tenaga medis, lanjutnya, laki-laki 63 tahun tersebut harus dirujuk. 

Untuk penanganannya, sudah ada standar operasional prosedur (SOP). Untuk itu, ungkap Yasril, masyarakat tetap tenang karena yang dilakukan saat ini sebagai langkah antisipasi untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

"Enam orang dalam pemantauan (ODP), 3 di Talawi dan 3 di Silungkang yang telah melakukan perjalanan dari Malaysia," katanya.

Yasril mengajak kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga pola hidup sehat. Dia juga mengajak masyarakat membersihkan tangan sebelum dan setelah beraktivitas dengan sabun dan air mengalir. 

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

Kemudian, gunakan masker jika sakit atau berada di tempat keramaian, dan memperbanyak mengkonsumsi sayur serta asupan vitamin lainnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. (*)

Reporter : Riki Yuherman | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]