Corona Kian Agresif, Masjid Raya Sumbar Dipasangi Hand Sanitizer dan Disemprot Disinfektan


Jumat, 20 Maret 2020 - 15:47:19 WIB
Corona Kian Agresif, Masjid Raya Sumbar Dipasangi Hand Sanitizer dan Disemprot Disinfektan Petugas masjid tengah menyemprotkan langsung hand sanitizer ke tangan salah seorang jamaah. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ditengah merebaknya isu penyebaran virus Corona atau Covid-19 tidak menyurutkan warga Kota Padang untuk melaksanakan ibadah shalat Jumat. Warga masih tetap memenuhi barisan shaf salat di Masjid Raya Sumbar.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut, Pengurus Masjid telah menyediakan hand soap dan hand sanitizer disetiap sudut Masjid. Bahkan petugas Masjid berkeliling diseluruh shaf untuk menyemprotkan hand sanitizer langsung ke tangan jamaah.

Sebelumnya petugas dari BPBD Sumbar juga menyemprotkan disinfektan diseluruh sudut Masjid, seperti tempat wudhu, toilet dan pintu masuk ke tempat ibadah.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit yang melaksanakan shalat Jumat di Masjid Raya Sumbar juga turut menyemprotkan hand sanitizer kepada jamaah Masjid.

"Ini hand sanitizer untuk melindungi diri kita dari penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Untuk saat ini kita mesti jaga diri," ujar Nasrul.

Lebih lanjut, kata Nasrul Abit, Masjid Raya Sumbar telah dipasangi setiap sudutnya yang dapat terlihat jamaah hand sanitizer.

"Jamaah dapat menyemprotkannya ke tangan, itu ada digantung pada pintu masuk dan juga sebelum berwudhu disediakan hand soap untuk mencuci tangan. Ini upaya kita antisipasi penyebaran virus ini," katanya.

Nasrul Abit menambahkan, saat ini ditengah kekurangan stok hand sanitizer, Pemprov Sumbar tengah melakukan peracikan hand sanitizer tersebut dibantu LLDIKTI dan lembaga lainnya.

"Kita tengah meracik pembuatan hand sanitizer ini. Jika telah selesai nanti akan dibagikan kepada masyarakat untuk dimanfaatkan guna menangkal penyebaran virus ini. Nanti masyarakat dapat meminta di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona tingkat Provinsi Sumbar," tuturnya.

Selain itu Wagub juga mengapresiasi lembaga yang dapat meracik hand sanitizer ditengah kelangkaan ini, apalagi mereka membantu Pemprov menyediakan itu dilokasi strategis seperti di Masjid Raya ini.

"Kita dibantu banyak lembaga yang dapat membuat hand sanitizer, apalagi ini ditengah kelangkaan. Ini SMAKPA membantu 10 botol, kemudian 10 botol dari farmasi Unand dan 2 liter dari LLDIKTI. Ini bisa diisi ulang kembali," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Menegah Analis Kimia Padang, Drs Nasir mengatakan pihaknya telah membuat 300 liter hand sanitizer dan telah dibagikan kepada siswa dan masyarakat.

"Nanti kita akan terus buat hand sanitizer. Saat ini kita tengah menunggu bahan dari Jakarta, dan akan kita bagikan ke masyarakat untuk penanggulangan penyebaran virus corona ini," pungkasnya. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM