Begini Cara 'Asyik' Masyarakat Koto Rawang Tangkal Corona


Jumat, 20 Maret 2020 - 19:10:27 WIB
Begini Cara 'Asyik' Masyarakat Koto Rawang Tangkal Corona Ilustrasi

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Meskipun marak isu virus Carona di berbagai daerah, namun tidak membuat ciut masyarakat Nagari Koto Rawang Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan secara terpadu melaksanakan kerja bakti melakukan pembersihan lingkungan, dalam upaya menantisipasi ancaman penyebaran virus tersebut.

Kegiatan kerja bakti yang dilakukan oleh masyarakat tersebut melibatkan semua elemen masyarakat. Sekitar 250 orang  secara terpadu melakukan pembenahan jalan lingkung dari batas Nagari Salido Saribulan menuju Nagari Koto Rawang yang berjarak sekitar 2,5 km, Jumat (20/3).

Wali Nagari Koto Rawang Derijol  mengakui, tingginya antusias masyarakat melakukan kerja bakti yang juga diikuti oleh  kaum ibu, secara sadar melakukan pembersihan lingkungan dengan menggunakan peralatan seadanya seperti, cangkul dan senjata tajam lainnya.

Berkat adanya kebersamaan, jalan yang semula merimba dapat diberbersihkan. Kondisi ini juga mempermudah akses perhubungan, terutama bagi pengendara kendaraan roda dua yang melintasi jalan lingkar tersebut.

Menurutnya, upaya pembersihan ini akan terus dilakukan oleh masyarakat menjelang memasuki bulan Ramadan yang sudah di ambang pintu. "Dengan jalan yang bersih semoga dapat terhindar dari berbagai penyakit yang dapat mengancam keselamatan masyarakat," kata Derijol.

Keberadaan jalan lingkar ini  sangat  dibutuhkan oleh masyarakat, terutama sebagai jalan pintas dalam memperpendek jarak tempuh antar nagari bertetangga, yaitu Nagari Salido Saribulan dengan Nagari Koto Rawang dan juga berfungsi sebagai  jalan usaha tani.

Nagari Koto Rawang merupakan salah satu nagari  penghasil buah kopi  di Pessel. Ratusan ton buah kopi milik masyarakat  diangkut melalui jalan lingkar itu setiap bulan. Artinya, komoditi buah kopi merupakan andalan perekonomian masyarakat, bahkan dikenal dengan hasil buah kopi Mancakau yang sangat diminati oleh konsumen di Pessel. (*)

Reporter : M Joni /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 20 Maret 2020 - 20:10:11 WIB

    Begini Cara Wagub Sumbar Cegah Corona Masuk dari Riau

    Begini Cara Wagub Sumbar Cegah Corona Masuk dari Riau SARILAMAK, HARIANHALUAN.COM - Dalam antisipasi penyebaran virus Corona, Wakil Gubernur Sumbar langsung turun tangan. Nasrul Abit mengecek langsung kondisi warga yang akan memasuki wilayah Sumbar pada Jumat (20/3) sore di kawa.
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 16:24:20 WIB

    Pemkab Pessel Cek Kesehatan 61 TKA China PTLM, Begini Hasilnya

    Pemkab Pessel Cek Kesehatan 61 TKA China PTLM, Begini Hasilnya PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, mengecek kesehatan tenaga kerja asing (TKA) dari China yang membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) di Kecamatan Ranah Pesisir, sebagai upaya mend.
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 08:03:14 WIB

    Mantap! Begini Persiapan Pemkab Dharmasraya Tangkal Serangan Corona

    Mantap! Begini Persiapan Pemkab Dharmasraya Tangkal Serangan Corona DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemkab Dharmasraya untuk mengantisipasi merebaknya penyebaran virus COVID 19. Salah satunya adalah dengan membagikan alat semprot disinfektan ke beberapa pen.
  • Senin, 16 Maret 2020 - 10:55:28 WIB

    Begini Cara Mario Syahjohan Salurkan Bakat Emak-emak di Solsel

    Begini Cara Mario Syahjohan Salurkan Bakat Emak-emak di Solsel SOLOK SELATAN,HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Sumatra Barat (Sumbar) Mario Syahjohan menyalurkan bakat kaum perempuan (emak-emak) untuk peningkatan kualitas ekonomi dan Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan menggandeng Balai Lati.
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 14:58:06 WIB

    Begini Cara Asyik Pramuka Kota Solok Mengenal Obyek Wisata

    Begini Cara Asyik Pramuka Kota Solok Mengenal Obyek Wisata SOLOK, HARIANHALUAN.COM — Puluhan pelajar dari sejumlah sekolah mengikuti kegiatan Pramuka di Kawasan Agrowisata Payo, Kota Solok, Minggu (23/2). Kegiatan tersebut berisi pelatihan fisik berupa hiking hingga pengenalan ling.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM