Begini Cara Wagub Sumbar Cegah Corona Masuk dari Riau


Jumat, 20 Maret 2020 - 20:10:11 WIB
Begini Cara Wagub Sumbar Cegah Corona Masuk dari Riau Wagub Sumbar cek suhu warga dari Riau di jalan layang Kelok Sambilan.

SARILAMAK, HARIANHALUAN.COM - Dalam antisipasi penyebaran virus Corona, Wakil Gubernur Sumbar langsung turun tangan. Nasrul Abit mengecek langsung kondisi warga yang akan memasuki wilayah Sumbar pada Jumat (20/3) sore di kawasan  jalan layang Kelok Sambilan.

Kedatangan Nasrul Abit di jalan layang tersebut, turut didampingi Direktur RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi, Kepala Satpol PP Sumbar, Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Bupati Limapuluh Kota yang diwakili Camat Harau, Ketua DPRD Limapuluh Kota serta Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekdakab Limapuluh Kota.

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

"Kita sengaja datang ke sini untuk melihat kesiapan antisipasi penyebaran virus Corona. Karena, setiap keputusan rapat, bahwa perbatasan harus diawasi," terang Nasrul Abit.

Dijelaskan Wakil Gubernur Sumbar, dengan adanya temuan warga Riau yang positif terpapar Covid-19, karena itu pergerakan orang di pintu masuk Sumbar perlu diawasi secara maksimal. "Kita dapat informasi, di Pekanbaru sudah ada yang positif. Karena itu, tentu perlu menjaga penyebaran ini agar tidak terjangkit Covid-19 yang menakutkan ini," tegas Nasrul Abit.

Baca Juga : Hari Pertama Ramadhan, Dispar Sumbar Gelar Pertemuan antara Pelaku Pariwisata dan Citilink

Dengan adanya pengawasan di perbatasan, Nasrul Abit berharap agar penyebaran virus Corona dari daerah yang positif terjangkit seperti Riau, tidak masuk ke wilayah Sumbar. Tetapi, dengan pengawasan yang dilakukan, mantan Bupati Pesisir Selatan itu tidak bisa membatasi kedatangan warga dari Riau ke Sumbar. "Salah satu cara, ya, melalui pengawasan. Kita memang tidak bisa larang orang untuk datang tetapi perlu kewaspadaan bersama," tegas Nasrul Abit.

Kemudian, untuk kondisi Sumbar terkini, warga yang masuk kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP) mencapai 102 orang. "Kemarin itu, ODP kita mencapai 1.503 orang. Tetapi setelah kita verifikasi hari ini ternyata ODP hanya 102 orang. Yang dirawat jumlah totalnya 17 orang," kata Nasrul Abit.

Baca Juga : Capai Swasembada Pangan, Rusma Yul Anwar Tanam Padi dengan Masyarakat

Saat pengawasan di jalan layang Kelok Sambilan, Wakil Gubernur Sumbar menghentikan satu persatu kendaraan bernomor polisi selain BA yang melaju dari arah Riau menuju Sumbar. Kemudian, Nasrul Abit mengecek suhu tubuh satu persatu pengemudi dan penumpang kendaraan yang dihentikan. "Untuk hasil pengecekan, suhu tubuh normal," katanya.

Sedangkan, dari Pemkab Limapuluh Kota sudah siaga untuk antisipasi penyebaran virus Covid-19 itu. Selain menyiapkan rumah sakit, seluruh instansi digerakkan untuk antisipasi virus tersebut. (*)

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 57, Sembuh 50, dan Meninggal Dunia 2 Orang

Reporter : Dadang Esmana | Editor : NOVA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]