Perusahaan Diminta Hentikan Kegiatan Perkantoran Mulai Senin Pekan Depan


Jumat, 20 Maret 2020 - 23:06:20 WIB
Perusahaan Diminta Hentikan Kegiatan Perkantoran Mulai Senin Pekan Depan Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan mulai Senin (23/3) tak ada kegiatan perkantoran di Jakarta. Anies meminta dunia usaha di Jakarta mematuhi kebijakan ini.

Anies mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan seruan Gubernur Nomor 06 Tahun 2020 yang isinya menegaskan kepada dunia usaha untuk tidak melakukan kegiatan perkantoran. Hal ini dilakukan Anies untuk menghentikan penularan virus Corona di Jakarta.

"Kepada dunia usaha kita mengeluarkan seruan Gubernur Nomor 06 tahun 2020, yang menegaskan statusnya seruan. Tapi menegaskan bahwa seluruh kegiatan perkantoran untuk sementara waktu dihentikan," ujar Anies di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (20/3/2020).

Dikatakan Anies, dunia usaha diimbau menutup fasilitas operasional, tidak melakukan kegiatan perkantoran, dan mengalihkannya dengan bekerja dari rumah.

Anies menyebut, bila ada dunia usaha yang tak bisa menghentikan secara penuh operasionalnya, diimbau menghentikan atau mengurangi sampai batas yang paling minimal.

"Bagi perusahaan yang tidak dapat menghentikan total, maka diminta untuk mengurangi kegiatan tersebut sampai batas paling minimal. Minimal jumlah karyawannya, minimal waktu kegiatannya, dan minimal fasilitas operasionalnya, serta mendorong sebanyak mungkin karyawan untuk bekerja dari rumah."

"Kami mengimbau dunia usaha untuk memperhatikan surat edaran Menteri Tenaga Kerja No M/3/HK.04/III/2020 tentang perlindungan tenaga kerja dan buruh dan kelangsungan usaha dalam rangka pencegahan penanggulangan COVID-19," ujarnya.

Anies berharap aturan ini diikuti dunia usaha.

"Karena bagaimanapun juga langkah yang kita lakukan hanya bisa efektif kalau kita semua serempak melakukannya," ujarnya.

Seruan ini berlaku 14 hari terhitung mulai 20 Maret sampai 2 April 2020.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 15 Maret 2020 - 11:02:09 WIB

    730 Perusahaan Jepang Incar Pekerja Magang Indonesia

    730 Perusahaan Jepang Incar Pekerja Magang Indonesia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sedikitnya 730 Perusahaan Jepang di kawasan Jakarta dan sekitarnya siap mendukung program pemagangan dan vokasi yang digagas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker)..
  • Rabu, 11 Maret 2020 - 11:27:54 WIB

    PENGUMUMAN..! Seluruh Perusahaan Wajib Sediakan Masker Cegah Corona

    PENGUMUMAN..! Seluruh Perusahaan Wajib Sediakan Masker Cegah Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengingatkan kepada para pimpinan perusahaan di seluruh Indonesia agar menerapkan langkah antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19).
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 15:17:51 WIB

    Wah..! Buruh Perusahaan Besar Bakal Dapat Bonus Lima Kali Gaji

    Wah..! Buruh Perusahaan Besar Bakal Dapat Bonus Lima Kali Gaji JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan pemanis (sweetener) sebesar lima kali gaji hanya akan diberikan pada buruh yang bekerja pada perusahaan besar. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauzia.
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 13:48:41 WIB

    Menaker Minta Perusahaan Optimalkan Pelatihan Bagi Para Pekerja

    Menaker Minta Perusahaan Optimalkan Pelatihan Bagi Para Pekerja JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, meminta dukungan dunia usaha dan industri untuk mengoptimalkan peranan training center (pusat pendidikan dan pelatihan ) di perusahaan untuk meningkatkan kua.
  • Jumat, 10 Januari 2020 - 20:55:24 WIB

    Erick Thohir Panggil Bos Asabri Minta Penjelasan Kondisi Perusahaan

    Erick Thohir Panggil Bos Asabri Minta Penjelasan Kondisi Perusahaan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memanggil Direktur Keuangan dan Investasi PT Asabri (Persero) Rony Hanityo Apriyanto. Pemanggilan ini untuk meminta penjelasan terkait kondisi .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM