Begini Klarifikasi Kominfo soal Klorokuin Bisa Sembuhkan Corona


Sabtu, 21 Maret 2020 - 01:13:37 WIB
Begini Klarifikasi Kominfo soal Klorokuin Bisa Sembuhkan Corona Ilustrasi virus Corona, Dok. NIAID (National Institute of Allergy and Infectious Diseases

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memperbarui soal klorokuin bisa menjadi obat sembuh virus Corona (COVID-19). Atas adanya informasi terbaru klorokuin direkomendasikan untuk penyembuhan Corona, Kominfo meralat informasinya.

"Klarifikasi yang dilakukan Kementerian Kominfo pada tanggal 15 Maret 2020 terkait klorokuin yang dapat menyembuhkan Covid-19 sebagai disinformasi, adalah berdasarkan pada pernyataan resmi WHO tanggal 20 Februari 2020," tulis Kominfo dikutip dari detik.com, Sabtu (21/3/2020).

Pernyataan awal Kominfo mengatakan klorokuin bukanlah obat penyembuh untuk Corona. Hal itu berdasarkan hasil penelusuran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Janet Diaz, Kepala Perawatan Klinis dalam Program Emergensi WHO, menyatakan bahwa pihaknya belum memiliki bukti bahwa klorokuin dapat menyembuhkan pasien COVID-19. Pernyataan ini disampaikan dalam konferensi pers pada 20 Februari 2020," ujar Kominfo.

Berkembangnya informasi terbaru soal klorokuin dapat menjadi rekomendasi penyembuhan virus Corona, Kominfo meralat pernyataan sebelumnya. Cap disinformasi soal klorokuin pun dicabut.

"Namun demikian, dengan adanya informasi terbaru yang dirilis tanggal 16 Maret 2020 bahwa ternyata klorokuin direkomendasikan untuk menjadi bagian dalam proses penyembuhan Covid-19 dan telah melewati uji klinis terhadap 100 pasien di 10 rumah sakit di China, maka stempel disinformasi pada tanggal 15 Maret 2020 kami cabut," ucap Kominfo.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengaku sedang menyiapkan dua jenis obat untuk dipakai melawan wabah virus corona COVID-19. Obat tersebut adalah Avigan yang mengandung zat aktif favipiravir dan klorokuin.

Jokowi mengaku dua jenis obat tersebut dipilih karena menunjukkan bisa menyembuhkan pasien corona ketika dicoba oleh beberapa negara.

"Obat ini sudah dicoba oleh satu, dua, tiga negara dan memberikan kesembuhan. Yaitu Avigan. Kita telah mendatangkan 5.000, akan kita coba dan dalam proses pemesanan dua juta," kata Jokowi di Istana Merdeka dalam siaran langsung di akun Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (20/3). (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 06:35:06 WIB

    Cuma Sekali Pakai, Begini Nasib Baju Hazmat Setelah Tak Digunakan

    Cuma Sekali Pakai, Begini Nasib Baju Hazmat Setelah Tak Digunakan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Alat Pelindung Diri (APD) saat ini menjadi kebutuhan mendasar tenaga kesehatan dalam menangani pasien positif virus corona COVID-19. Terus meningkatnya jumlah pasien terinfeksi, membuat kebutuhan A.
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 12:30:08 WIB

    Soal Mutasi Virus Corona yang Sedang Mewabah, Begini Penjelasan Ahli

    Soal Mutasi Virus Corona yang Sedang Mewabah, Begini Penjelasan Ahli JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Seorang Ahli Virus dari Yale School of Public Health, Nathan Grubaugh mengatakan meskipun virus corona SARS-Cov-2 bermutasi, tetapi ia menilai hal itu tidak berbahaya. Sebab, mutasi adalah sifat al.
  • Senin, 16 Maret 2020 - 06:01:17 WIB

    Virus Corona Bisa Sebabkan Anak Lahir Cacat? Begini Faktanya

    Virus Corona Bisa Sebabkan Anak Lahir Cacat? Begini Faktanya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Penyebaran virus corona baru atau COVID-19 ke berbagai negara telah ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Siapa pun bisa terinfeksi virus ini, termasuk ibu hamil..
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 06:23:24 WIB

    Wah! Masakan Padang Bisa Menangkal Virus Corona, Begini Kata Ahli

    Wah! Masakan Padang Bisa Menangkal Virus Corona, Begini Kata Ahli HARIANHALUAN.COM – Berbagai macam cara dicoba untuk menangkal diri agar tidak tertular virus corona, pasca pemerintah mengumumkan virus mematikan tersebut masuk ke Indonesia beberapa waktu lalu..
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 15:51:09 WIB

    Uang Bisa Sebarkan Virus Corona? Begini Jawabannya

    Uang Bisa Sebarkan Virus Corona? Begini Jawabannya HEATLH,HARIANHALUAN.COM-Penyebaran virus corona baru atau COVID-19 ke sekitar 100 negara termasuk Indonesia memunculkan kekhawatiran mengenai kemungkinan transmisi virus, salah satunya melalui uang yang beredar luas. Benarkah.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM